Jumat, 30 September 2022

BPSDMI Kemenperin: Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk Cetak SDM Handal

Senin, 12 Sept 2022 | 21:52 WIB - Serang Pendidikan

IBC, Serang - Kepala Badan Pembangunan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Arus Gunawan melaunching pengenalan kampus dan kuliah perdana Politeknik Industri Petrokimia Banten yang ada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang pada Senin, 12 September 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Serang dan Mitra Industri Politeknik Petrokimia Banten, yang salah satunya yaitu PT Chandra Asri Petrochemical (Chandra Asri). 

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian Arus Gunawan menjelaskan Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan unit pendidikan di bawah BPSDMI Kementerian Perindustrian, yang kini memiliki sebanyak 125 mahasiswa. Politeknik ini dibangun dengan dukungan dari Asosiasi olefin, aromatic dan plastik (Inaplast) untuk mencetak kebutuhan SDM handal yang memiliki kompetensi di bidang industri petrokimia.

"Politeknik Industri Petrokimia Banten ini untuk melahirkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri petrokimia di kita," ujarnya.

Dimana Politeknik Industri Petrokimia Banten menyediakan tiga jurusan yakni  teknologi proses industri petrokimia, teknologi mesin industri kimia dan teknologi instrumentasi industri petrokimia dengan program D3. 

"Nantinya yang lulus itu akan ada ikatan kerja dengan sebelas perusahaan petrokimia yang sudah kita siapkan. Makanya ini, harus dapat dukungan dari pemerintah daerah untuk supaya lulusan-lulusan nanti bisa bekerja supaya mengurangi pengangguran dari Banten," ucapnya.

Ia mengatakan pada tahun perdana ini Politeknik Industri Petrokimia Banten menerima 127 mahasiswa. Mereka yang lulus sebelumnya telah bersaing ketat dengan 2.379 orang atau 1 berbanding 18. 

"Tahun depan akan kami tambah dua kali lipat. supaya juga bisa mengurangi pengangguran," kata dia.

Suhat Miyarso selaku Ketua Asosiasi Inaplast menjelaskan, Politeknik ini dibangun di atas lahan 2 Hektare, hibah dari perusahaan kimia PT Chandra Asri Petrochemical dalam rangka mendukung dan berkontribusi memajukan pendidikan dan meningkatkan kompetensi SDM lokal.

Ia mengatakan Inaplast terdiri dari industri hulu menengah dan hilir petrokimia. Pihaknya merencanakan membangun politeknik karena saat ini kebutuhan karyawan minimal pendidikan harus D3. 

"Minimum D3 karena teknologi yang dipakai industri Petrokimia semakin maju ya. Lembaga pendidikan ini dibangun juga berkat dukungan PT CAP yang sudah menghibahkan lahan seluas 2 hektar untuk dijadikan kampus Politeknik," tuturnya.

Sementara itu Suryandi, selaku Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat Chandra Asri mengatakan, pihak Chandra Asri selalu berkomitmen untuk menjadi mitra pertumbuhan bagi pemerintah maupun masyarakat. 

Dimana kontribusi perusahaan dalam pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten merupakan wujud komitmen pihaknya dalam mencetak generasi muda yang mumpuni di industri petrokimia dengan memfasilitasi kesempatan mendapatkan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan, serta mendukung penyerapan tenaga kerja lokal Banten agar lebih maksimal. 

"Ini adalah komitmen kami untuk berkontribusi dalam pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk mendukung SDM yang mumpuni di Banten. Dengan demikian akan dapat mendorong pertumbuhan industri petrokimia nasional. Harapan kami, kemitraan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak dan memberi semangat kepada anak muda di Banten untuk terus mencetak prestasi," kata nya.

Hadirnya Chandra Asri sebagai Mitra Industri diwakili oleh Human Resources & Corporate Affairs Director, Suryandi dan Legal, External Affairs & Circular Economy Director, Edi Rivai.

Sebagaimana diketahui dari total 125 mahasiswa baru yang diterima oleh Politeknik Industri Petrokimia Banten pada tahun 2022, sebanyak 41 orang diantaranya telah disiapkan untuk nantinya menjalani kerja praktik di Chandra Asri. 

Kerja praktik umumnya akan dimulai di semester 4 perkuliahan. Selain itu, mahasiswa tersebut juga nantinya akan menjalani ikatan dinas di Chandra Asri selama 6 tahun.

Dalam proses pembangunan Politeknik Industri Petrokimia Banten, Chandra Asri juga turut berkontribusi dalam proses penyusunan kurikulum dan menyediakan tenaga pengajar ahli dari Perusahaan untuk berbagi ilmu dan transfer keahlian kepada para mahasiswa.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

BPSDMI Kemenperin: Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk Cetak SDM Handal

INILAH SERANG

128 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
72 dibaca
Wabup Serang Sampaikan Raperda APBD TA 2023, Ini Rinciannya
78 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa

HUKUM & KRIMINAL

128 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan
76 dibaca
Ringkus Tiga Pelaku, Polres Serang Bongkar Peredaran Upal
193 dibaca
Buruh Pabrik Warga Oku Timur Tega Buang Bayi Darah Dagingnya

POLITIK

78 dibaca
Jumlah Pemilih Baru di Kabupaten Serang Bertambah 115 Ribu Jiwa
195 dibaca
Andika Disambut Baik Jadi Bakal Calon Bupati Serang
211 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif

PENDIDIKAN

115 dibaca
Keynote Speech UI Green Metric, Ratu Tatu Pertegas Pembangunan Pentahelix
204 dibaca
BPSDMI Kemenperin: Politeknik Industri Petrokimia Banten untuk Cetak SDM Handal
Top