Minggu, 19 Agustus 2018

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

(foto ilustrasi)
Senin, 24 Jul 2017 | 22:15 WIB - Serang Peristiwa

lB, Serang - Sejak beberapa hari ini blangko material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) di wilayah Polda Banten alami kekosongan. Bahkan akibat kekosongan blangko, Satuan Lalulintas Polres Serang menutup atau tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya, berbeda dengan Polres lainnya di jajaran Polda Banten, proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

Akibat seluruh pemohon SIM baru maupun perpanjangan tidak mendapatkan kartu sim. Sebagai gantinya, pemohon yang lulus ujian teori dan praktek untuk sementara diberikan resi tanda kelulusan sampai blangko sim didatangkan.

Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo membenarkan ketiadaan material blangko SIM tersebut. Menurut Jati, kekosongan blangko tidak hanya terjadi di jajaran Polda Banten melainkan di seluruh Indonesia. Hal ini, kata Jati, disebabkan ketersediaan blangko SIM harus melalui proses tender. 

"Kalau ditanya sejak kapan, coba bicarakan dengan Kasubdit Regident," kata Dirlantas dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya pada Senin, 24 Juli 2017.

Sementara Kasubdit Regident, AKBP Arian Colibrito juga membenarkan adanya kekosongan meterial blangko SIM. Namun demikian Arian mengatakan bahwa blangko SIM sudah ada di Korlantas Mabes Polri dan segera akan didistribusikan ke seluruh Polda.

"Anggota sudah berangkat ke Korlantas untuk mengambil blangko SIM. Mudah-mudahan besok pemohon sudah bisa mendapatkan kartu SIM," kata Arian.

Terkait dengan adanya kekosongan ini, lanjut Arian, seluruh Kantor Satpas di wilayah Polda Banten tetap membuka pelayanan SIM. Namun demikian, bagi pemohon yang lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi tanda kelulusan.

"Jadi untuk pemohon baru, kalau lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi. Dan selanjutnya akan kita hubungi jika blangko SIM sudah ada," kata Kasubdit.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Serang AKP Lucky Permana Putra membenarkan jika pihaknya tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya jelas Kasat, berbeda dengan Kantor Satpas lainnya di wilayah Polda Banten, Satpas Polres Serang dalam proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

"Berbeda dengan manual, bagi pemohonan yang telah lulus uji teori melalui sistem online, kartu SIM sudah harus dicetak saat itu juga, tidak bisa ditunda. Jadi kalau blangkonya tidak ada, kita tidak membuka pelayanan," kata Kasat.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

251 dibaca
Cegah Korupsi, APIP dan APH Teken MoU
218 dibaca
HUT ke-11, Andika Minta Pemkot Serang Tingkatkan Pelayanan

POLITIK

3134 dibaca
Panitia Deklarasi #2019GantiPresiden Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok
171 dibaca
Anggaran 5 Raperda Inisiatif DPRD Banten Tidak Transparan

HUKUM & KRIMINAL

183 dibaca
3.678 Warga Binaan di Lapas dan Rutan se-Banten Dapat Remisi
296 dibaca
Kadinkes Banten Terjerat Korupsi, WH: Pemecatan Ketika Sudah Inkrah
Top