Selasa, 19 Februari 2019

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

(foto ilustrasi)
Senin, 24 Jul 2017 | 22:15 WIB - Serang Peristiwa

lB, Serang - Sejak beberapa hari ini blangko material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) di wilayah Polda Banten alami kekosongan. Bahkan akibat kekosongan blangko, Satuan Lalulintas Polres Serang menutup atau tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya, berbeda dengan Polres lainnya di jajaran Polda Banten, proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

Akibat seluruh pemohon SIM baru maupun perpanjangan tidak mendapatkan kartu sim. Sebagai gantinya, pemohon yang lulus ujian teori dan praktek untuk sementara diberikan resi tanda kelulusan sampai blangko sim didatangkan.

Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo membenarkan ketiadaan material blangko SIM tersebut. Menurut Jati, kekosongan blangko tidak hanya terjadi di jajaran Polda Banten melainkan di seluruh Indonesia. Hal ini, kata Jati, disebabkan ketersediaan blangko SIM harus melalui proses tender. 

"Kalau ditanya sejak kapan, coba bicarakan dengan Kasubdit Regident," kata Dirlantas dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya pada Senin, 24 Juli 2017.

Sementara Kasubdit Regident, AKBP Arian Colibrito juga membenarkan adanya kekosongan meterial blangko SIM. Namun demikian Arian mengatakan bahwa blangko SIM sudah ada di Korlantas Mabes Polri dan segera akan didistribusikan ke seluruh Polda.

"Anggota sudah berangkat ke Korlantas untuk mengambil blangko SIM. Mudah-mudahan besok pemohon sudah bisa mendapatkan kartu SIM," kata Arian.

Terkait dengan adanya kekosongan ini, lanjut Arian, seluruh Kantor Satpas di wilayah Polda Banten tetap membuka pelayanan SIM. Namun demikian, bagi pemohon yang lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi tanda kelulusan.

"Jadi untuk pemohon baru, kalau lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi. Dan selanjutnya akan kita hubungi jika blangko SIM sudah ada," kata Kasubdit.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Serang AKP Lucky Permana Putra membenarkan jika pihaknya tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya jelas Kasat, berbeda dengan Kantor Satpas lainnya di wilayah Polda Banten, Satpas Polres Serang dalam proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

"Berbeda dengan manual, bagi pemohonan yang telah lulus uji teori melalui sistem online, kartu SIM sudah harus dicetak saat itu juga, tidak bisa ditunda. Jadi kalau blangkonya tidak ada, kita tidak membuka pelayanan," kata Kasat.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

PEMERINTAHAN

212 dibaca
Pj Sekda Ajak ASN Tingkatkan Pemahaman Tupoksi
582 dibaca
Ketua dan Pengurus PPDI Kecamatan Jawilan Dilantik
446 dibaca
Tahun Ini, Dana Desa Pemprov Banten Tembus Rp61,9 Miliar

POLITIK

343 dibaca
KPU Kabupaten Serang Target Satu Relawan Demokrasi 1000 Pemilih
250 dibaca
Warga Belum Paham Berpartisipasi pada Pemilu 2019
4243 dibaca
Gubernur Banten Wahidin Halim Dilaporkan ke Bawaslu

HUKUM & KRIMINAL

127 dibaca
Buron Curanmor Pingsan Saat Persembunyiannya Digerebag
95 dibaca
Diringkus, Dua dari Enam Bandit Jalanan Ditembak
510 dibaca
BNN Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Pelabuhan Bojonegara

PERISTIWA

317 dibaca
Jelang Pemilu, Pejabat Polres Serang Gencar Kunjungi Ponpes dan Ulama
327 dibaca
Suhendar Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kontrakan

EKONOMI & BISNIS

87 dibaca
Jetstar Perluas Boarding Prioritas Kepada Lebih Banyak Penumpang
429 dibaca
Kabupaten Serang Berpotensi Jadi Sentra Udang Vaname
Top