Senin, 10 Desember 2018

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

(foto ilustrasi)
Senin, 24 Jul 2017 | 22:15 WIB - Serang Peristiwa

lB, Serang - Sejak beberapa hari ini blangko material Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) di wilayah Polda Banten alami kekosongan. Bahkan akibat kekosongan blangko, Satuan Lalulintas Polres Serang menutup atau tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya, berbeda dengan Polres lainnya di jajaran Polda Banten, proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

Akibat seluruh pemohon SIM baru maupun perpanjangan tidak mendapatkan kartu sim. Sebagai gantinya, pemohon yang lulus ujian teori dan praktek untuk sementara diberikan resi tanda kelulusan sampai blangko sim didatangkan.

Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo membenarkan ketiadaan material blangko SIM tersebut. Menurut Jati, kekosongan blangko tidak hanya terjadi di jajaran Polda Banten melainkan di seluruh Indonesia. Hal ini, kata Jati, disebabkan ketersediaan blangko SIM harus melalui proses tender. 

"Kalau ditanya sejak kapan, coba bicarakan dengan Kasubdit Regident," kata Dirlantas dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya pada Senin, 24 Juli 2017.

Sementara Kasubdit Regident, AKBP Arian Colibrito juga membenarkan adanya kekosongan meterial blangko SIM. Namun demikian Arian mengatakan bahwa blangko SIM sudah ada di Korlantas Mabes Polri dan segera akan didistribusikan ke seluruh Polda.

"Anggota sudah berangkat ke Korlantas untuk mengambil blangko SIM. Mudah-mudahan besok pemohon sudah bisa mendapatkan kartu SIM," kata Arian.

Terkait dengan adanya kekosongan ini, lanjut Arian, seluruh Kantor Satpas di wilayah Polda Banten tetap membuka pelayanan SIM. Namun demikian, bagi pemohon yang lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi tanda kelulusan.

"Jadi untuk pemohon baru, kalau lulus uji teori dan praktek akan diberikan resi. Dan selanjutnya akan kita hubungi jika blangko SIM sudah ada," kata Kasubdit.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalulintas Polres Serang AKP Lucky Permana Putra membenarkan jika pihaknya tidak membuka pelayanan SIM. Alasannya jelas Kasat, berbeda dengan Kantor Satpas lainnya di wilayah Polda Banten, Satpas Polres Serang dalam proses pembuatan SIM sudah menggunakan sistem online.

"Berbeda dengan manual, bagi pemohonan yang telah lulus uji teori melalui sistem online, kartu SIM sudah harus dicetak saat itu juga, tidak bisa ditunda. Jadi kalau blangkonya tidak ada, kita tidak membuka pelayanan," kata Kasat.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Blangko Material Kosong, Polres Serang Tutup Pelayanan SIM

PEMERINTAHAN

2604 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
303 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik
337 dibaca
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkot Cilegon 2018
bkdcilegon

POLITIK

208 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten
347 dibaca
Di Sertijab Danrem, Wagub Banten Ingatkan TNI Soal Pemilu 2019

HUKUM & KRIMINAL

251 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
323 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

230 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
256 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

151 dibaca
Dishub Kota Serang Diminta Tertibkan Trayek Angkum
207 dibaca
Andika Janji Naikan Uang Saku dan Transportasi Penyuluh Pertanian
Top