Sabtu, 25 Mei 2024

BI dan Pemkab Pandeglang Jalin Kerjasama Pengembangan Ekonomi

Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Kepala BI Perwakilan Provinsi Banten, Erwin Soeriadimaja. [Foto: lnilahBanten/Syam]
Kamis, 11 Feb 2021 | 16:53 WIB - Pandeglang Ekonomi & Bisnis

lBC, Pandeglang – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provide Banten bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menjalin kerjasama dalam upaya membangun ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimaja mengatakan, dalam mendukung pengendalian inflasi di Provinsi Banten termasuk di Kabupaten Pandeglang, optimalisasi sektor pertanian yang merupakan sektor yang cukup resilien ditengah-tengah pandemi saat ini tentu saja harus didorong, guna mencapai ketahanan pangan yakni mencakup ketersediaan pangan, aksebilitas pangan dan utilisasi pangan. 

"Ada beberapa program yang diinisiasi Bank Indonesia Provinsi Banten untuk Kabupaten Pandeglang yakni pengembangan disektor pertanian dan UMKM, dimana kami telah mengembangkan produk unggulan holtikultura diantaranya cabai, bawang merah dan lain sebagainya semua dikelola oleh para kelompok tani di Pandeglang," kata Erwin pada Kamis, 11 Februari 2021.

Ia menambahkan selain penguatan dari sisi ketahanan pangan, dukungan penguatan sistem ekonomi dan keuangan digital sangat penting untuk mendorong UMKM go digital melalui berbagai kegiatan business matching dalam meningkatkan produk unggulan Pandeglang ke pasar domestik dan luar negeri. 

Bupati Pandeglang Irna Narulita sangat mengapresiasi berbagai program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia Provinsi Banten dalam ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah. 

“Saya sangat mendukung sekali program ini, tentu saja program yang diluncurkan Bank Indonesia sangat bermanfaat bagi petani dan pelaku usaha di Kabupaten Pandeglang," kata Irna. 

Menurut Irna, program ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi daerah dalam masa pandemi covid-19 saat ini sangat dibutuhkan, dimana para pelaku UMKM dan petani sedang kesulitan finansial saat ini. 

“Dengan adanya program ini tentu saja memberikan semangat serta dapat membantu para pelaku usaha dan petani untuk kembali menjadi petani yang tangguh dan mandiri, guna meningkatkan kembali geliat ekonomi di Kabupaten Pandeglang khususnya bagi petani dan pelaku usaha, karena kita tahu bahwa produk pertanian Pandeglang menjadi komoditas unggulan,"tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

BI dan Pemkab Pandeglang Jalin Kerjasama Pengembangan Ekonomi

INILAH SERANG

874 dibaca
Pastikan THM Tak Beroperasi, Polres Serang Kerahkan Puluhan Personil
1604 dibaca
Ratusan Kendaraan R2 Hasil Pencurian di Amankan Polisi

HUKUM & KRIMINAL

2889 dibaca
Baru Bebas dari Rutan, Oknum Kades di Kragilan Kembali Ditangkap
656 dibaca
Sulit dapat Pekerjaan, Warga Pabuaran Nekad Bisnis Sabu

POLITIK

1614 dibaca
Andika, Satu-satunya Ketua Karang Taruna di Indonesia yang Jadi Kepala Daerah
89 dibaca
Bantuan Pesantren dan Beasiswa Penghafal Alqur’an Jadi Program Prioritas Airin

PENDIDIKAN

1386 dibaca
Mencari Pendidikan yang Tepat Bagi Masa Depan Anak
1874 dibaca
MTSN 1 Lebak Ikuti Lomba Keagamaan Tingkat Provinsi
Top