Jumat, 12 Agustus 2022

BI Berharap Berkah dari Harga Batubara

(Foto Istimewa)
Selasa, 31 Jan 2017 | 16:47 WIB - Nasional Ekonomi & Bisnis

IB, Jakarta - Bank Indonesia (BI) berharap kenaikan harga batubara akhir-akhir ini bisa menjadi sentimen positif bagi perekonomian nasional.

Apalagi saat ini muncul ancaman ketidakpastian ekonomi global yang masih terus berlangsung. Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Juda Agung dalam sebuah acara Economic Outlook 2017 di Jakarta, Selasa (31/01/2017).

Tapi kondisi ini masih ada sedikit kekhawatiran bagi Juda, ia mempertanyakan trend kenaikan harga batubara apakah bisa terus terjadi atau justru turun anjlok dengan tiba-tiba.

"Berita bagusnya harga komoditas kita naik luar biasa. Tahun lalu kuartal III sampai akhir tahun batu bara naik 50%. Tapi pertanyaan apa ini berkelanjutan?," katanya.

Menurut Juda, kenaikan harga komoditas lantaran adanya kenaikan impor batu bara dari China. Hal itu lantaran China melakukan pemangkasan produksi batu bara.

"China yang tadinya mau mengarah pada domestik ekonomi, sekarang ini kembali pada investasi ekspor dan sebagainya sehingga butuh resources yang diimpor dari luar negeri," imbuhnya.

Tak hanya itu, Juda bilang ketidakpastian kebijakan di Amerika Serikat yang saat ini dipimpin oleh Donald John Trump membuat pentinggi negara dan pelaku ekonomi wait and see, ini menambah ketidakpastian ekonomi global, kendati begitu BI memprediksi laju perekonomian global tahun ini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan ekonomi global di 2017 akan lebih baik dari 3,1% pada 2016 ke 3,4% di 2017. Dan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga masih pada range 5%-5,4%," jelasnya. [inilahcom]

Bagikan:

KOMENTAR

BI Berharap Berkah dari Harga Batubara

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
94 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Tim Pertahankan 26 Ribu Hektare LSD
103 dibaca
BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
150 dibaca
Pengamen Jalanan Nekat Jualan Sabu
153 dibaca
Personil Polres Serang Gerebeg Rumah Pengedar, 20 Paket Sabu Diamankan

POLITIK

139 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif
189 dibaca
Pemprov Banten Siap Fasilitasi Pemilu 2024
484 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini
Top