Selasa, 23 Juli 2019

Besok, Bawaslu Periksa Pelapor ASN Banten Dukung Calon DPD RI

[foto ist]
Kamis, 21 Mar 2019 | 21:24 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Divisi Penindakan Pelanggaran pada Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir memastikan jika besok Jum’at, 22 Maret 2019 mengagendakan pemeriksaan terhadap pelapor, Firman Hakim dan saksi pelapor, Eman Suyaman dan Agus Haris selaku saksi pelapor. Pemeriksaan atas laporan keterlibatan sejumlah ASN Pemprov Banten diduga sebagai tim pemenangan Calon DPR RI, Fadlin Akbar tak lain adalah anak dari Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Besok (Jum’at 22 Maret) ada jadwal pemanggilan, kita utamakan (pemeriksaan) pelapor dan saksi pelapor dulu untuk klarifikasi,” kata Badrul Munir kepada lnilahBanten di Hotel Horison Kota Serang pada Kamis, 21 Maret 2019. Seraya mengatakan, Bawaslu sudah melayangkan surat pemanggilan pada Rabu, 20 Maret kemarin.

Sedangkan ditanya kapan pemeriksaan terlapor yakni sejumlah ASN Banten, Badrul memastikan pada pekan depan. “Kemungkinan nanti Senin atau Selasa depan,”katanya.

Disindir apakah ada potensi pelanggaran ke pidana atau administrasi, Badrul belum bisa memastikannya. Karena pihaknya mengakui belum sampai ke wilayah pelanggarannya apa. “Kami belum sampai apakah itu pelanggaran atau tidak. Cuma ini bisa masuk wilayah pelanggaran administrasi, undang-undang lain atau pelanggaran pidana. Tapi, kami belum bisa menyimpulkan itu,”jelas Badrul.

Sebelumnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menunggu hasil kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten atas dugaan keterlibatan pejabat eselon dua, tiga dan empat di lingkungan Pemprov Banten tersebut untuk mendukung calon anggota DPD RI, Fadlin Akbar, anak Wahidin Halim, Gubernur Banten.

“Beri kesempatan Bawaslu untuk menjalankan tugasnya. Kita menunggu penerusan kasus dugaan itu dari Bawaslu setelah prosesnya di sana selesai,” kata Sumardi, Asisten Komisioner Komisi Aparatuar Sipil Negara (KASN) yang dihubungi melalui sambungan telepon selulernya pada Rabu, 20 Maret 2019 dikutip dari MediaBanten.com.

Baca juga: Diduga, Sejumlah ASN jadi Tim Pemenangan Calon DPD Anak Gubernur Banten

Sumardi mengatakan, ASN harus netral sesuai dengan amanat Undang-undang No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 2 disebutkan penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berlandaskan asas netralislitas (point f). Asas ini yang melandasi agar ASN tidak terlibat dalam soal dukung mendukung calon pada Pemilu.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Besok, Bawaslu Periksa Pelapor ASN Banten Dukung Calon DPD RI

PEMERINTAHAN

697 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1849 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1712 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

893 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1939 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1780 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

110 dibaca
Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak Alami Peningkatan
2415 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1466 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus

PERISTIWA

1882 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1959 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1735 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

72 dibaca
Capai Target, Investasi di Kabupaten Serang Serap 1.152 Tenaga Kerja
439 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
Top