Sabtu, 13 Juli 2024

Besok, Bawaslu Periksa Pelapor ASN Banten Dukung Calon DPD RI

[foto ist]
Kamis, 21 Mar 2019 | 21:24 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Divisi Penindakan Pelanggaran pada Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Provinsi Banten, Badrul Munir memastikan jika besok Jum’at, 22 Maret 2019 mengagendakan pemeriksaan terhadap pelapor, Firman Hakim dan saksi pelapor, Eman Suyaman dan Agus Haris selaku saksi pelapor. Pemeriksaan atas laporan keterlibatan sejumlah ASN Pemprov Banten diduga sebagai tim pemenangan Calon DPR RI, Fadlin Akbar tak lain adalah anak dari Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Besok (Jum’at 22 Maret) ada jadwal pemanggilan, kita utamakan (pemeriksaan) pelapor dan saksi pelapor dulu untuk klarifikasi,” kata Badrul Munir kepada lnilahBanten di Hotel Horison Kota Serang pada Kamis, 21 Maret 2019. Seraya mengatakan, Bawaslu sudah melayangkan surat pemanggilan pada Rabu, 20 Maret kemarin.

Sedangkan ditanya kapan pemeriksaan terlapor yakni sejumlah ASN Banten, Badrul memastikan pada pekan depan. “Kemungkinan nanti Senin atau Selasa depan,”katanya.

Disindir apakah ada potensi pelanggaran ke pidana atau administrasi, Badrul belum bisa memastikannya. Karena pihaknya mengakui belum sampai ke wilayah pelanggarannya apa. “Kami belum sampai apakah itu pelanggaran atau tidak. Cuma ini bisa masuk wilayah pelanggaran administrasi, undang-undang lain atau pelanggaran pidana. Tapi, kami belum bisa menyimpulkan itu,”jelas Badrul.

Sebelumnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menunggu hasil kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten atas dugaan keterlibatan pejabat eselon dua, tiga dan empat di lingkungan Pemprov Banten tersebut untuk mendukung calon anggota DPD RI, Fadlin Akbar, anak Wahidin Halim, Gubernur Banten.

“Beri kesempatan Bawaslu untuk menjalankan tugasnya. Kita menunggu penerusan kasus dugaan itu dari Bawaslu setelah prosesnya di sana selesai,” kata Sumardi, Asisten Komisioner Komisi Aparatuar Sipil Negara (KASN) yang dihubungi melalui sambungan telepon selulernya pada Rabu, 20 Maret 2019 dikutip dari MediaBanten.com.

Baca juga: Diduga, Sejumlah ASN jadi Tim Pemenangan Calon DPD Anak Gubernur Banten

Sumardi mengatakan, ASN harus netral sesuai dengan amanat Undang-undang No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Pada pasal 2 disebutkan penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berlandaskan asas netralislitas (point f). Asas ini yang melandasi agar ASN tidak terlibat dalam soal dukung mendukung calon pada Pemilu.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Besok, Bawaslu Periksa Pelapor ASN Banten Dukung Calon DPD RI
jbkj

INILAH SERANG

2139 dibaca
Pelaku Diduga Penyandang Dana Politik Uang Pilkada Kota Serang Diringkus
1002 dibaca
2019, Gubernur Minta Program Prioritas Cepat Tuntas

HUKUM & KRIMINAL

1323 dibaca
Polres Serang Kota Ringkus 22 Tersangka Pengguna dan Pengedar Narkoba
283 dibaca
Personil Reskrim Polsek Carenang Ringkus Gembong Curanmor

POLITIK

1423 dibaca
Partai Dakwah Kembali Digoyang Mantan
2123 dibaca
Siap Majukan Pamarayan, Jaja Jaenudin Maju jadi Calon Kades

PENDIDIKAN

1676 dibaca
Himpaudi Banten Dorong Judicial Review UU Guru dan Dosen
Top