Jumat, 01 Maret 2024

Beasiswa Pemkab Serang Bertambah, Delapan Pelajar Diterima UI

Evaluasi program beasiswa di UI-[Foto Istimewa]
Selasa, 18 Agt 2020 | 22:34 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali memberikan beasiswa untuk pelajar beprestasi dari kategori masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Kini, total penerima beasiswa di Universitas Indonesia (UI) berjumlah 21 warga Kabupaten Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku bersyukur karena tahun ini, delapan pelajar asal Kabupaten Serang lolos seleksi di UI. “Sebelumnya, 13 mahasiswa sudah mendapat beasiswa Pemkab Serang. Tahun ini, bertambah  delapan pelajar. Alhamdulillah, ada 21 anak Kabupaten Serang yang mendapatkan beasiswa,” kata Tatu melalui keterangan tertulisnya pada Selasa, 18 Agustus 2020.

Menurut Tatu, seleksi masuk UI cukup ketat. Tahun ini ada 120 pelajar Kabupaten Serang yang mengikuti seleksi, tetapi yang diterima hanya delapan mahasiswa. “Kami ingin sebanyak-banyaknya memberikan beasiswa, tetapi mekanisme seleksi tetap mengikuti proses dan aturan di UI,” ujarnya.

Selain di UI, ungkap Tatu, sebelumnya penerima beasiswa di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) juga bertambah. Yakni satu mahasiswa di Fakultas Pertanian. “Jika punya prestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu, semua warga Kabupaten Serang berkesempatan untuk kuliah melalui program beasiswa,” ujarnya.

Tatu menilai, dampak dari program beasiswa SD, SMP, dan perguruan tinggi yang digulirkan Pemkab Serang mungkin tidak bisa langsung dirasakan saat ini. Tidak seperti program infrastruktur jalan yang bisa terlihat. “Investasi pendidikan adalah keniscayaan. Jika suatu daerah ingin maju, maka harus dimulai dari memprioritaskan program pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Tahun 2019, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 44 mahasiswa diploma satu (D-1) di Untirta, 13 Mahasiswa Diploma Tiga (D-3) di Universitas Indonesia, 7 mahasiswa sarjana kedokteran (S1) di Fakultas Kedokteran Untirta, 1 mahasiswa Fakultas Pertanian, dan 1 mahasiswa Fakultas Pertanian.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan pesan agar program beasiswa perguruan tinggi negeri harus terus ditambah. “Alhamdulillah, delapan pelajar lolos ke Universitas Indonesia. Semoga membawa kebaikan,” ujar Asep.

Menurut Asep, para penerima beasiswa yang kuliah di UI menunjukkan prestasi membanggakan. Rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) mencapai 3,6. “Bahkan dari 13 mahasiswa yang sudah menerima beasiswa di UI, satu mahasiswa punya perolehan IPK sanghat tinggi, mencapai 3,87 atas nama Fitriani dari Kecamatan Petir,” ujarnya.

Bagi penerima beasiswa UI, Pemkab Serang memberikan tambahan biaya asrama dan asuransi kesehatan. Sementara untuk biaya hidup, dibantu oleh Baznas Kabupaten Serang. “Sesuai pesan Ibu Bupati, tidak boleh ada pelajar berprestasi yang kesulitan biaya, tidak bisa kuliah. Program beasiswa ini hadir untuk mengatasi masalah tersebut,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Beasiswa Pemkab Serang Bertambah, Delapan Pelajar Diterima UI

INILAH SERANG

1083 dibaca
Siswa Kabupaten Serang Masuki Era Literasi Teknologi
1555 dibaca
Vera Berjanji Akan Optimalkan Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak

HUKUM & KRIMINAL

392 dibaca
Pengedar Ganja Warga Rangkasbitung Ditangkap Personil Polres Serang
8956 dibaca
Kasus Dana Bansos, KPK Siap Periksa Ketum Partai

POLITIK

1395 dibaca
Sepakat, di Banten Tempat Ibadah Dilarang untuk Kampanye
1273 dibaca
KPU Tetapkan DPS Pilbup dan Wabup Serang 2020, Ini Rinciannya

PENDIDIKAN

2231 dibaca
SMEA Korpri Rangkasbitung Nasibmu Dulu, Kini dan Nanti
1739 dibaca
Hardiknas, Bupati Serang Serahkan Piagam Penghargaan untuk Usaid Prioritas
Top