Jumat, 25 September 2020

Bantu Pemkab Cuma Bangun 4 RTLH, Ini Kata Pemprov

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), M Yanuar-[Foto Istimewa]
Jumat, 09 Agt 2019 | 16:19 WIB - Serang

lBC, Serang - Bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk pembangunan rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Tahun 2019 hanya empat unit. Sedangkan dari pemerintah pusat melalui APBN, bantuan untuk perbaikan RTLH di Kabupaten Serang bisa mencapai 400 rumah per tahun. 

Pemprov Banten melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), M Yanuar menjelaskan, wajar jika hanya membantu membangun empat unit RTLH. Sebab, hanya Pemprov Banten melalui PRKP hanya mengalokasikan 100 unit RTLH untuk delapan kabupaten dan kota.

“Kita hanya menyiapkan 100 unit untuk RTLH, wajar kalau cuma bantu Pemkab Serang empat unit RTLH. 100 unit dibagi untuk daerah Pandeglang-Lebak yang banyak RTLH disbanding Kabupaten Serang,” ungkap Yanuar kepada lnilahBanten saat ditemui di ruang kerjanya Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang pada Jum’at, 9 Agustus 2019.

Sambungnya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mencapai 1400 unit RTLH sehingga Kabupaten Serang bisa mendapatkan bantuan mencapai ratusan unit karena dibantu atas aspirasi Anggota DPRD Banten. Aspirasi Anggota DPRD Banten mengajukan pembangunan RTLH pada Tahun 2017 sampai 2018, dimana menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2019.

Selain itu juga, lanjut Yanuar, target pembangunan RTLH yang di programkan Pemprov Banten yang tertuang dalam RPJMD sudah selesaiatau sesuai target. Jadi, untuk tahun berikutnya pun program pembangunan RTLH hanya bertambah dengan kisaran 200 unit sampai 250 unit.

“Kita lebih di fokuskan pada program infrastruktur desa seperti paving blok, jalan beton atau hotmix tergantung kondisi lokasinya. Kenapa fokus pada infrastruktur dasar, karena manfaatnya lebih banyak dirasakan oleh masyarakat ketimbang RTLH. Kalau RTLH kan hanya satu keluarga,”terang Yanuar.

Sama halnya, tambah Yanuar, baik program RTLH maupun infrastruktur tujuannya untuk masyarakat. Begitupun anggaran yang dikeluarkan sama besarnya mencapai puluhan miliaran rupiah.

Baca juga: Pemkab Bangun 822 RTLH, Pemprov Cuma Bantu 4 RTLH

Sebelumnya Bupati Serang terus berkomitmen untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH-Rutilahu) yang masih banyak di Kabupaten Serang. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Serang akan memperbaiki 822 RTLH dengan anggaran Rp16,4 miliar. 

Namun bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menurun, hanya untuk perbaikan empat RTLH. Sementara dari pemerintah pusat melalui APBN, bantuan untuk perbaikan RTLH di Kabupaten Serang bisa mencapai 400 rumah per tahun. 

“Tentunya kami meminta dukungannya kepada masyarakat agar permasalahan RTLH di Kabupaten Serang bisa diselesaikan dengan baik. Saat ini kami juga berikhtiar agar dari APBN bisa lebih tinggi lagi, bisa menyelesaikan 700 RTLH,” kata Tatu usai peletakan batu pertama perbaikan RTLH di Desa Sukaindah, Kecamatan Baros, Kamis, 8 Agustus 2019.

Terkait bantuan dari Pemprov Banten yang hanya untuk memperbaiki 4 RTLH, Tatu membenarkan. Sementara Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, mendapatkan bantuan dari Pemprov hingga lebih dari 30 RTLH. Bahkan Kota Serang yang hanya enam kecamatan, mendapatkan bantuan lima perbaikan RTLH. “Kami berharap, bantuan disesuaikan dengan jumlah RTLH yang memang masih banyak di Kabupaten Serang,” ujarnya.[Ars] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bantu Pemkab Cuma Bangun 4 RTLH, Ini Kata Pemprov

PEMERINTAHAN

382 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional
530 dibaca
Jelang Pilkada, Pemkab Serang Antisipasi Konflik Sosial

POLITIK

42 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
72 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
263 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

106 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi
207 dibaca
Konsumsi Sabu, Janda Cantik Digerebek Polisi

PERISTIWA

235 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
413 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

108 dibaca
Muswil Dekopin, Andika: Banten Fokus Pemulihan Ekonomi Tanpa Korbankan Kesehatan
Top