Kamis, 19 Juli 2018

Bangun Terminal Laut, Kerjasama PCM dan TIK Batal

Lokasi yang akan di bangun terminal laut warnasari Kota Cilegon. (Foto:InilahBanten/Ahmad Bai)
Rabu, 08 Feb 2017 | 01:35 WIB - Cilegon Ekonomi & Bisnis

IB, Cilegon--Rencana Pemkot Cilegon melalui PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang akan membangun kerjasama terminal laut Warnasari dengan PT Tirta Indah Kencana (TIK), kandas. Sebab, pemkot tidak mengabulkan tuntutan perusahaan cargo asal Surabaya tersebut yang menginginkan dominasi saham kerjasama yang nilainya mencapai 70 persen.

“Ya, dia (TIK) pinginnya komposisi saham 70 persen. Tapi kan persyaratan Undang Undang dan Perpres, kita tidak boleh minoritas. (Saham) kita harus mayoritas, karena itu juga menjadi salah satu syarat perizinan dikeluarkan,” ungkap Direktur SDM dan Umum PT. PCM Arief Rivai Madawi pada Selasa, 7 Februari 2017.

Kendati demikian, kata dia, pembangunan terminal laut itu akan terus berlanjut. Terlebih Pemkot sudah menjadwalkan groundbreaking terminal pada 20 Maret mendatang. “Sekalipun tidak ada TIK, kita akan tetap jalan. Groundbreaking tetap tanggal 20. Kita akan menggandeng bank daerah seperti yang disampaikan Pak Wali (Walikota) dan itu dibolehkan,” paparnya.

Diketahui sebelumnya, Pemkot Cilegon, PT PCM dan PT TIK telah melakukan pertemuan tertutup pada Senin, 6 Februari 2017. Iman berkilah, pertemuan tertutup antara dirinya, Sekda, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD dengan PT PCM, PT TIK di ruang kerjanya adalah rapat teknis biasa.

“Kita ngebahas biasa saja, diskusi teknis. Jalan (akses Warnasari) atau apa dulu, kalau sudah fixed semua, barulah saya konferensi pers,” ucapnya.

Belakangan, Pemkot Cilegon melalui PT PCM berhasrat untuk membangun terminal laut itu secara mandiri melalui pinjaman perbankan. Bahkan rencana groundbreaking pun sudah dijadwalkan pada 20 Maret mendatang.

Dalam hal ini, dikatakan Direktur SDM dan Umum PT PCM Arief Rivai Madawi, pihaknya akan menggandeng salah satu bank daerah untuk menunjang anggaran pembangunan terminal laut tanpa menjaminkan aset yang dimiliki.

Reporter: Ahmad Bai
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Bangun Terminal Laut, Kerjasama PCM dan TIK Batal

PEMERINTAHAN

225 dibaca
Lantik Sekda Baru, Bupati Serang Minta Perkuat Konsolidasi dan Koordinasi
160 dibaca
Rehab Kantor Koperasi dan UKM Lebak Telan Dana Rp3,8 Miliar
117 dibaca
Kepala BKKBN Apresiasi Kinerja Pemkab Serang

POLITIK

396 dibaca
Pemilu 2019, Hanura Pandeglang Target Raih 12 Kursi di DPRD
198 dibaca
Pileg 2019, Mayoritas Caleg PKS Lebak adalah Generasi Milenial
416 dibaca
Suami Bupati Lebak Nyalon DPD RI, Apa Misinya? 

HUKUM & KRIMINAL

61 dibaca
Pelaku Diduga Penyandang Dana Politik Uang Pilkada Kota Serang Diringkus
169 dibaca
Kejari Lebak Hentikan Penyelidikan Dugaan Korupsi Pasar Gajrug Rp19 M
Top