Rabu, 12 Juni 2024

Aplikasi Sidak Pemprov Banten Terbaik II Indonesia Digital Initiative Award 2023

[Foto Istimewa]
Jumat, 22 Des 2023 | 13:38 WIB - Nasional Teknologi

lBC, Jakarta - Pemerintah Provinsi Banten raih Terbaik II Kategori Aplikasi Provinsi pada Anugerah Indonesia Digital Initiative Award (IDIA) 2023. Penghargaan diterima Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten Nana Suryana dari Deputi Kepala Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani.

“Aplikasi Sidak Banten terkait dengan sistem informasi dan data ketenagalistrikan di Provinsi Banten yang dikembangkan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Banten. Meliputi perizinan, SLO, termasuk juga  semua informasi terkait ketenagalistrikan,” jelas Nana pada Malam Anugerah Indonesia Digital Award di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis 21 Desember 2023 malam.

Nana berharap penghargaan yang diraih itu sebagai langkah baik ke depan. Utamanya pengembangan aplikasi yang diterima dan dirasakan sebagai layanan masyarakat atau publik.

Dikatakan, Pemprov Banten melalui kebijakan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar terus mengupayakan digitalisasi. Website, media sosial, hingga aplikasi yang dikembangkan bisa terima dan mudah. Menjadi tantangan ke depan bagaimana Pemprov Banten menyampaikan dan menyajikan aplikasi, website, dan media sosial yang diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Terkait Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Nana menjelaskan, masih ada beberapa point yang perlu dicapai. Saat ini, pihaknya sedang gencar melaksanakan hubungan data pada aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).  Aplikasi tersebut, disediakan secara nasional,” ungkapnya.

Diungkapkan Nana, aplikasi tersebut harus segera diaplikasikan untuk mengejar nilai indikator SPBE.  “Mudah-mudahan, pada 2023 ini indikator SPBE Pemprov Banten mencapai angka optimal ,” pungkasnya.

Sebagai informasi, aplikasi Sidak www.sidak.bantenprovgoid merupakan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang berkaitan dengan pelayanan informasi dan data sektor ketenagalistrikan. Pada aplikasi ini memuat layanan perizinan usaha ketenagalistrikan, pengakuan kelaikan operasional instalasi, pengakuan kompetensi dan kualifikasi tenaga teknik kelistrikan hingga data elektrifikasi di Provinsi Banten.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Aplikasi Sidak Pemprov Banten Terbaik II Indonesia Digital Initiative Award 2023
hclh

INILAH SERANG

1543 dibaca
Kedapatan Simpan Sabu Dalam Bungkus Biskuit, Warga Pabuaran Ditangkap
1599 dibaca
Bupati Serang Tugaskan Satpol PP Jaga Gedung SMPN 1 Mancak

HUKUM & KRIMINAL

1482 dibaca
Pacar Hamil, Oknum Pelajar di Pandeglang Dipenjara
4178 dibaca
Jabatan Kapolres Serang Akan Diserahterimakan

POLITIK

1537 dibaca
Lalu Athrussalam Bantah Sebar Stiker di Masjid-Masjid

PENDIDIKAN

930 dibaca
Andika: Banten Akan Inisiasi Regulasi Perbukuan di Daerah
Top