Jumat, 27 November 2020

Antisipasi Bencana Alam, Polres Serang Wujudkan Rasa Nyaman kepada Masyarakat

Jumat, 23 Okt 2020 | 23:12 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang - Polres Serang menggelar apel bersama kesiapsiagaan menghadapi bencana alam bersama unsur terkait lainnya pada Jumat, 23 Oktober 2020 sore. Langkah ini dilakukan menyusul tingginya intensitas hujan yang berpotensi menyebabkan banjir dan bencana alam lainnya.

Apel yang dipimpin Kapolres Serang AKBP Mariyono di halaman Mapolsek Cikande, dihadiri pejabat utama Polres Serang, BPBD Kabupaten Serang, Danramil dan Camat Cikande, Camat Kibin, Puskesmas Kibin dan Cikande serta Ormas LMP dan BPPKB.

Kapolres AKBP Mariyono mengatakan apel kesiapsiagaan bencana, pada hakekatnya bertujuan sebagai sarana pengecekan atas kesiapan seluruh unsur pelaksana penanggulangan bencana. Selain itu sebagai sarana untuk lebih menyatukan serta membulatkan tekad dan semangat  dalam penanggulangan bencana sehingga menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat. 

"Dari pemetaan wilayah rawan bencana alam di daerah hukum Polres Serang yang memiliki dataran rendah dan tinggi serta memiliki tiga aliran sungai besar yaitu Sungai Cidurian, Cibereum dan Ciujung, dimungkinkan akan terjadi bencana alam berupa banjir maupun tanah longsor pada musim penghujan ini," katanya.

Berdasarkaninformasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Serang, wilayah Serang dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan yang intensitasnya akan meningkat diakhir tahun 2020 dan berlanjut diawal tahun 2021.

"Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam, kami bersama instansi terkait telah mempersiapkan penanggulangan bencana dengan kesiapsiagaan untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberi penekanan kepada seluruh personil agar melaksanakan tugas dengan dilandasi keikhlasan sebagai ibadah. Tampilkan sosok sebagai penolong dan pelayan masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan pertolongan serta merasa terlindungi dan terayomi.

Selain itu, mekakukan koordinasi dengan Instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat, dalam rangka membantu masyarakat yang terkena bencana. Optimalkan sarana dan prasarana yang ada di kesatuan masing masing.

Laksanakan kegiatan patroli di daerah rawan bencana, Lakukan penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku tindak pidana yang memanfaatkan situasi bencana. Jalin hubungan yang harmonis dengan seluruh personil yang terlibat penanganan bencana dan warga masyarakat.

"Yang juga penting, jaga kesehatan serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan kekuatan, kemampuan, dan ketabahan dalam menjalankan tugas yang mulia ini," tandasnya.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Antisipasi Bencana Alam, Polres Serang Wujudkan Rasa Nyaman kepada Masyarakat

PEMERINTAHAN

149 dibaca
Jelang Nataru, TPID Kabupaten Serang Diminta Antisipasi Gejolak Harga
319 dibaca
Sekda Entus: DWP Kabupaten Serang Harus jadi Perekat Masyarakat

POLITIK

56 dibaca
Pjs Bupati Serang Optimis Target 75 Persen Partisipasi Pemilih Tercapai
59 dibaca
Apel Bersama Pangdam Siliwangi, Wagub Pastikan Pilkada di Banten Aman

HUKUM & KRIMINAL

22 dibaca
Staf Khusus Menteri KKP Turut Diciduk KPK
85 dibaca
Resmob Polres Serang Kota Tembak Satu Pelaku Curanmor

PERISTIWA

70 dibaca
Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK
74 dibaca
Di Wilayah Hukum Polres Serang, Spanduk dan Baligho Ilegal Diturunkan

EKONOMI & BISNIS

94 dibaca
Pemkab Serang Upayakan Empat BUMD Dapat Suntikan Dana
112 dibaca
Widih, Start up Kaesang Dapat Dana Rp 29 Miliar
Top