Minggu, 17 Januari 2021

Antisipasi Bencana Alam, Polres Lebak Siapkan Personil

[Foto: lnilahBanten/Syam]
Kamis, 14 Jan 2021 | 21:58 WIB - Lebak

lBC, Lebak - Kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah yang berpotensi rawan bencana alam. Pasalnya, belakangan ini banyak terjadi bencana yang mengakibatkan kerusakan materil dan non materil.

Bencana mulai dari banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Kepolisian Resor (Polres) Lebak melakukan beberapa persiapan untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana. 

Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana mengatakan, salah satu upaya untuk mempersiapkan apabila terjadi bencana di Kabupaten Lebak dengan mengecek kelengkapan alat dan persiapan personil. 

"Mempersiapkan personil dan mengecek kelengkapan prasarana pendukung lainnya, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan bersama seperti musibah bencana alam banjir maupun tanah longsor maka pelayanannya dapat dilaksanakan secara optimal," kata Ade kepada wartawan di Mapolres Lebak pada Kamis, 14 Januari 2021.

Dikatakannya, salah satu kerawanan bencana yang dikhawatirkan di Kabupaten Lebak yakni sebagian besar terdapat beberapa pegunungan dengan memiliki tebing yang cukup curam. Selain itu, di wialyah Kecamatan Rangkasbitung saja memiliki tiga aliran sungai yakni Sungai Cibeurang, Ciujung dan Sungai Cisimeut. 

"Tiga aliran sungai yang ada di Kecamatan Rangkasbitung itu sering meluap kalau sudah memasuki musim penghujan," ucapnya. 

Sementara itu, meski personil kepolisian sudah memiliki pemahaman dalam hal evakuasi namun guna lebih mematangkan pihaknya terus melakukan pengasahan. Karenanya apabila bencana terjadi seluruh personil sudah mampu dan siap. 

"Para personil diberikan pelatihan SAR kembali untuk mereview, sehingga personil benar-benar siap ketika sewaktu-waktu di butuhkan," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Antisipasi Bencana Alam, Polres Lebak Siapkan Personil

INILAH BANTEN

81 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
199 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

46 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
123 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

125 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI
934 dibaca
Sejumlah Pejabat Polres Serang Dimutasi dan Promosi, Ini Daftarnya

POLITIK

128 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi
369 dibaca
Kapan Pelantikan Bupati-Wabup Serang Terpilih, Ini Penjelasan Ketua KPU

PENDIDIKAN

105 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
253 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top