Minggu, 19 Januari 2020

Anggota DPRD Kabupaten Serang Akan Ikuti Orientasi

Anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 saat dilantik pada Selasa, 3 September 2019 kemarin.[Foto: InilahBanten/dok]
Rabu, 04 Sept 2019 | 21:11 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Sekretaris DPRD Kabupaten Serang, Odi Budiono memastikan semua anggota dewan periode 2019-2024 akan  mengikuti orientasi di Provinsi Banten. Hal itu dilakukan agar mereka mengetahui tugas dan fungsinya.

Odi mengatakan, orientasi ini diselenggarakan langsung oleh Provinsi Banten. Adapun pelaksananya dilakukan secara bergantian dengan daerah lain. "Jadi nanti disana tugas dan fungsi DPRD akan disampaikan, tapi kita belum tahu (jadwalnya-red), nanti kita komunikasi dengan provinsi, karena provinsi yang mengadakan,"ujarnya kepada wartawan di Serang pada Rabu, 4 September 2019.

Ia menuturkan, bahwa kegiatan orientasi DPRD ini tertuang dalam peraturan dalam negeri (Permendagri) nomor 160/8946/SJ tahun 2019, 3 September. Menurutnya, meskipun pimpinan DPRD belum terbentuk, tetapi pimpinan sementara DPRD dapat menugaskan anggota DPRD untuk mengikuti kegiatan orientasi. "Untuk biayanya dari kita, kita yang memberikan perjalanan dinas. Biasanya 3 sampai 4 hari," tuturnya.

Ia menuturkan, bahwa saat ini anggota DPRD belum banyak melakukan kegiatan. Karena tengah mempersiapkan pembentukan fraksi, penetapan pimpinan definitif dan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

"Tapi kapan selesainya itu internal mereka, sekwan tidak masuk, tapi kalau ngelihat pembicaraan pak ketua ingin (pembentukan) lebih cepat. Kalau Sekretariat hanya administrasinya saja," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019 - 2024, Ahmadi mengaku pada hari pertama masuk pasca pelantikan masih menyesuaikan diri dengan anggota DPRD yang lain. Berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai DPRD, politis partai Nasdem ini mengaku sudah sedikit paham.

"Tapi kita sipatnya berusaha untuk menjadikan Kabupaten Serang lebih baik. Banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus dikerjakan, masalah jalan, pendidikan," tuturnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Anggota DPRD Kabupaten Serang Akan Ikuti Orientasi
x.ackd

PEMERINTAHAN

227 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
318 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

107 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada Titipan 
406 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

116 dibaca
Cabuli Anak Tiri Warga Kelurahan Unyur Diamankan Polisi

PERISTIWA

54 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

160 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top