Rabu, 19 Februari 2020

Anggota DPD RI Andiara Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

Anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat saat Sosialisasi MPR RI dan 4 Pilar Kebangsaan di Kota Serang pada, Selasa 11 Februari 2020.
Rabu, 12 Feb 2020 | 18:01 WIB - Serang

lBC, Serang - Saat ini Banten termasuk salah satu zona merah radikalisme. Data tersebut disampaikan senator Banten, Andiara Aprilia Hikmat pada sambutan dan memberi materi pada acara Sosialisasi MPR RI dan 4 Pilar Kebangsaan di Kota Serang pada, Selasa 11 Februari 2020.

“Berdasarkan Data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI menyebut ada 12 daerah dengan kategori zona merah tindakan terorisme, salah satunya adalah provinsi yg kita cintai, Banten,” ungkap Andiara.

Oleh karena itu, Anggota DPD RI Provinsi Banten ini mengajak masyarakat untuk berperan serta untuk aktif dalam menangkal dan mencegah penyebaran faham radikalisme. Pertama yang dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang paham radikalisme dan bahayanya, serta mengajak masyarakat berperan aktif untuk menjaga keluarga dan lingkungannya dari penyebaran paham radikalsme.

Langkah berikutnya, saran senator sejuta suara ini untuk melaporkan kepada pemerintah dilingkungan bila ada masyarakat atau warga yang terindikasi mencurigakan dan terpapar paham radikalime.

"Kita perkuat pemahaman dan solidaritas sampai ke lingkup terkecil di RT dan RW. Siskamling harus digalakan lagi. Masyarakat jangan ragu melaporkan kepada aparat hukum maupun RT dan RW setempat jika ditemukan adanya orang atau kelompok yang meresahkan. Dengan demikian kita akan tutup pergerakan orang-orang radikal ini sampai ke lingkup yang terkecil," katanya. 

lk

Dalam sosialisasi ini juga Andiara menyampaikan pentingnya pemahaman dan internalisasi 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Andiara menyebutkan bahwa ancaman terhadap empat pilar berbangsa dan bernegara dewasa ini semakin nyata. Bahkan berdampak langsung pada kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kaum radikal menebarkan rasa takut di tengah-tengah masyarakat dan bertujuan mengganti ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia,”katanya.

Andiara pun mengibaratkan empat pilar berbangsa dan bernegara sebagai pilar yang menopang sebuah rumah. Apabila salah satu pilar yang goyah atau rubuh maka dengan begitu penghuni rumah bakal mengalami kecelakaan.

Sosialisasi Empat Pilar ini, kata Andiara dalam rangka untuk menanamkan nilai-nilai dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara. “Nilai yang paling penting adalah mengamalkan nilai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika,”jelas Andiara.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Anggota DPD RI Andiara Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme
HPN1

PEMERINTAHAN

145 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
210 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

136 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
252 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

59 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
111 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

112 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
280 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

87 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top