Senin, 20 Mei 2024

Andika Unggul Telak di Survei Pilkada Kabupaten Serang

Andika Hazrumy bersama Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rahmi Diany.[Foto Istimewa]
Kamis, 16 Mei 2024 | 07:34 WIB - Politik

lBC, Serang - Bakal Calon Bupati Serang Andika Hazrumy seperti sulit ditandingi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang. Bagaimana tidak, dalam survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), Andika unggul telak melebihi 50 persen dibandingkan bakal calon bupati lain yang berpotensi maju.

Berdasarkan data survei JSI yang dilakukan pada 27 Maret hingga 1 April 2024, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Andika unggul maksimal hingga 59,7 persen. “Menurut data survei kami, Andika adalah kandidat bupati Serang yang sangat kuat. Dengan perolehan survei sebesar itu, kami menilai, susah dilawan,” kata Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin kepada wartawan pada Rabu, 15 Mei 2024.

Setelah Andika, JSI mencatat sejumlah elektabilitas politisi lain. Yakni Yandri Susanto 5,5 persen, Nasrul Ulum 4,5 persen, Eki Baihaki 3,3 persen, Sopwan 2,9 persen, Subadri Usuludin 1,9 persen, dan Mansur 1,8 persen.

Selain itu, nama lainya yang punya potensi maju di pilkada Kabupaten Serang di bawah 2 persen. “Masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 16,6 persen,” ungkap Fajar.

Survei ini menggunakan Teknik multistage random samping dengan total responden 800 orang yang tersebar di 29 kecamatan. Margin error kurang lebih 3,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan dengan wawancara tatap muka.

Menurutnya, elektabilitas Andika sejalan dengan tingginya popularitas atau keterkenalan. Mencapai 78,3 persen dan tingkat kesukaan sebesar 94,6 persen. Sementara popularitas kandidat yang lain, masih di bawah 30 persen.

“Melihat fakta survei, jika popularitas semakin naik, itu sejalan dengan tingkat kesukaan terhadap Andika. Artinya potensi peningkatan keterpilihan atau elektabilitas Andika juga cenderung bisa lebih tinggi lagi,” ujar Fajar.

Fajar menilai, popularitas dan elektabilitas Andika tidak lepas dari penilaian masyarakat terhadap kinerjanya di pemerintahan saat menjadi wakil gubernur Banten. Maupun aktivitasnya di berbagai organsiasi kepemudaan maupun sosial.

“Kami menilai, Andika adalah sosok yang sempurna sebagai calon bupati Serang. Sosoknya kuat secara personal, dan hebat secara persepsi publik,” ujarnya.

Dalam survei tersebut juga terungkap bahwa Andika dinilai sebagai sosok yang mampu melanjutkan estafeta kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat ini. Tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Ratu Tatu sangat tinggi, mendekati 70 persen.

“Ibu Tatu sudah meninggalkan legacy yang sangat baik sebagai seorang pemimpin daerah. Paling ternilai positif adalah pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” pungkas Fajar.[Ars]

Redaktur: Ahmad Jaenuri
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Unggul Telak di Survei Pilkada Kabupaten Serang

INILAH SERANG

631 dibaca
Pemkab Serang Fokus Dorong Program Peningkatan IPM
489 dibaca
Belum Nikmati Hasil, Dua Pelaku Curanmor Dibekuk Resmob Polres Serang

HUKUM & KRIMINAL

1071 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi
930 dibaca
Viral jadi Korban Begal, Ternyata Luka Bacok Akibat Tawuran

POLITIK

1648 dibaca
WH-Andika Unggul di 4 Quick Count, Sekjen Golkar: Jangan Ada yang Curang
819 dibaca
Menyamakan Visi Misi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Polres Serang Gelar FGD

PENDIDIKAN

1629 dibaca
Segudang Prestasi, Bupati Lebak Berikan Motivasi Di TBM Kuli Maca
1156 dibaca
NU Ikut Program Organisasi Penggerak Kemendikbud
Top