Jumat, 30 Oktober 2020

Andika Pastikan Lusa Jokowi ke Banten Lagi Selama 2 Hari

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (Foto Istimewa)
Senin, 02 Okt 2017 | 19:10 WIB - Banten Serang Peristiwa

lBC, Serang – Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo dipastikan akan melakukan kunjungan kerja ke Banten. Kali ini presiden yang kerap disapa Jokowi itu akan melakukan kunjungan kerja selama 2 hari di Banten, yakni pada 4-5 Oktober lusa. Pada hari pertama kunjungannya, Jokowiakan berkunjung ke Pandeglang. Sementara pada hari kedua, Jokowi akan menghadiri perayaan HUT TNI ke 72 di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Cilegon.

“Karena bertepatan dengan HUT Banten pada tanggal 4 Oktober itu, maka Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) menugaskan saya untuk mendampingi kunjungan Pak Presiden ke Pandeglang,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pada Senin, 2 Oktober 2017.

Dikatakan Andika, Jokowi akan mengunjungi Kecamatan Menes di Pandeglang pada hari pertama kunjungannya di Banten, untuk kemudian menginap di salah satu hotel di Kota Serang pada malam harinya. “Keesokan harinya kan beliau harus menhadiri HUT TNI di Merak,” imbuh Andika.

Terkait seringnya Jokowi berkunjung ke Banten, bahkan sejak era Gubernur Banten sebelum Wahidin, Andika mengatakan, hal itu sebagai bentuk perhatian Presiden yang tinggi kepada daerah Banten. Andika menyebut sejumlah proyek nasional di Banten yang dilancarkan pemerintah pusat dalam beberapa tahun terakhir ini, sebagai bukti dari tingginya perhatian Jokowi kepada daerah Banten.

Andika memaklumi perhatian Jokowi kepada Banten itu jika mengingat letak dan peran strategisnya Banten bagi Indonesia. Andika merujuk kepada letak Banten sebagai daerah penyangga ibukota Negara, Jakarta, serta sebagai kawasanh penghubung utama antara Pulau Jawa sebagai kawasan vital Indonesia dengan Pulau Sumatera.

“Tentu saja Banten diuntungkan dengan ini. Makanya kita di Banten harus pintar-pintar memanfaatkan hal tersebut untuk sekaligus bisa mendorong percepatan ekonomi di Banten,” ujar Andika lagi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, salah satu lokasi yang akan dikunjungi Jokowi ini adalah Desa Muruy, Kecamatan Menes untuk meresmikan program Dana Desa (DD). Alasan dipilihnya Desa Muruy karena desa tersebut dinilai paling siap menggelar peresmian program DD.

Jokowi diagendakan meresmikan BUMDes, meninjau Prukades (Program Unggulan Kawasan Pedesaan) dan pembangunan embung. Presiden juga diagendakan membuka bakti sosial berupa operasi bimbir sumbing, khitanan massal, bazar dan isbat nikah. Dalam acara tersebut juga akan dilakukan penyerahan bantuan Alsintan (alat mesin pertanian), Kartu Petani dan penyerahan 3.000 sertifikat Prona secara simbolis serta bantuan dana Rp 50 juta untuk 30 BUMDes.

Adapun sejumlah proyek nasional di Banten yang menjadi perhatian Jokowi diantaranya pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang disebut-sebut akan dilakukan peletakn batu pertamanya oleh Jokowi pada awal Oktober ini. Selain itu juga ada juga proyek pembangunan waduk Karian di Lebak dan pembangunan waduk Sindagheula di Kabupaten Serang. Secara keseluruhan, ada 12 proyek nasional yang dicanangkan pemerintah pusat di Banten pada era pemerintahan Pemprov Banten sebelumnya.

Sementara itu, sebagai sebuah kunjungan resmi, kali ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke Banten setelah Banten dipimpin Wahidin-Andika. Sebelumnya Jokowi tercatat telah sangat sering ke Banten, mulai dari melakukan kunjungan kerja ke pelosok Banten hingga menghairi acara masyarakat seperti Haul Syekh Nawawi Al-Bantani hingga melaksanakan shalat Ied paa hari raya Idul Fitri di Serang.[Dam]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

ACT Banten Kunjungi Pulau Tunda
Kamis, 29 Okt 2020 | 15:05 WIB
ACT Banten Kunjungi Pulau Tunda
Pemuda Berperan Aktif Dalam Pembangunan
Rabu, 28 Okt 2020 | 19:10 WIB
Pemuda Berperan Aktif Dalam Pembangunan

KOMENTAR

Andika Pastikan Lusa Jokowi ke Banten Lagi Selama 2 Hari

PEMERINTAHAN

185 dibaca
Terintegrasi dengan Pusat, Pemkab Serang Gunakan Aplikasi SIPD
226 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga

POLITIK

81 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang, KPU Target Partisipasi Pemilih 80 Persen
133 dibaca
Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

HUKUM & KRIMINAL

72 dibaca
Hari Kedua Operasi Zebra Kalimaya, 148 Pengendara Ditilang
179 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi

PERISTIWA

179 dibaca
Dirlantas : Tidak Ada Penilangan Pada Operasi Zebra Kalimaya 2020
115 dibaca
ACT Banten Kunjungi Pulau Tunda

EKONOMI & BISNIS

203 dibaca
Buruh Kerja Selama Cuti, Perusahaan Harus Bayar Lembur
171 dibaca
Empat Perumahan Serahkan Fasos Fasum ke Pemkab Serang
Top