Jumat, 25 September 2020

Andika Minta IWAPI Banten Bantu Recovery Ekonomi

Kamis, 03 Sept 2020 | 17:49 WIB - Banten

lBC, Serang - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy secara resmi membuka Musyawarah Daerah I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Banten di Hotel Ratu Ultima Horison Kota Serang pada Kamis, 3 September 2020. Dalam sambutannya, Andika meminta IWAPI Banten membantu pemda di Banten yang tengah melakukan upaya pemulihan atau recovery perekonomian yang beberapa bulan terakhir terdampak pandemi Covid 19.

"Sebagai organisasi pengusaha bantuan pemulihan ekonomi dimaksud bisa dilakukan IWAPI dengan lebih banyak memberdayakan UMKM (usaha mikro, kecil, menengah)," kata Wagub. Hadir dalam acara tersebut Ketua IWAPI Banten Yati Mahendra, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Banten Siti Maani Nina.

Turut hadir Ketua Badan Kordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Banten Adde Rosi Khoirunnisa. Adapun Ketua DPP IWAPI  Nita Yudi hadir secara virtual melalui sambungan video conference dari Amerika Serikat.

Dikatakan Andika, sebagai dampak dari pandemi covid 19, laju pertumbuhan ekonomi Banten, terakhir sempat terkontraksi di angka 7,6 persen. "Tak bisa dipungkiri, perekonomian Nasional bahkan juga global terdampak oleh pandemi ini," sambungnya.

Terkait itu, lanjut Andika, Pemprov Banten sendiri sesuai dengan arahan pemerintah pusat melakukan sejumlah refocusing anggaran, di mana anggaran-anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk pembangunan dialihkan untuk penanganan pandemi Covid 19 ini. Dikatakan Wagub, refocusing anggaran dimaksud dilakukan untuk 3 hal yakni, pelayanan kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemberdayaan ekonomi.

Lebih jauh Andika mengungkapkan jika pemerintah pusat kini telah meminta pemda untuk mulai kembali melakukan  penganggaran bagi program kerja pembangunan seperti infrastruktur, utamanya yang pelaksanaan programnya banyak melibatkan masyarakat secara langsung. "Ini dilakukan agar perekonomian kembali bergerak. Insya Allah Pemprov Banten sendiri running untuk itu di APBD Perubahan (2020) ini," imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPP IWAPI Nita Yudi dalam sambutannya mengatakan jika saat ini pihaknya mempunyai 3 program utama.  Ketiganya adalah meningkatkan sumber daya manusia, memperluas jaringan atau networking untuk marketing atau promosi, dan mempermudah akses perbankan untuk menambah permodalan. 

"Dari tiga ini tentu untuk meningkatkan SDM dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan, training dan lainnya. Tapi tiga program ini tidak akan berjalan kalau tidak memiliki networking dan modal," katanya melalui sambungan video conference.

Berikutnya Nita menyampaikan jika IWAPI adalah mitra strategis dari pemerintah. “Kehadiran Pak Wagub bisa saya rasakan sebagai apresiasi dari pemerintah yang menunjukkan dukungannya terhadap kegiatan IWAPI. Karena kita merupakan stakeholder, pemerintah masyarakat dan swasta. Untuk meningkatkan sumber daya manusia, demi meningkatkan perekonomian," katanya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Minta IWAPI Banten Bantu Recovery Ekonomi

PEMERINTAHAN

382 dibaca
Pemkab Serang jadi Pilot Project Arsitektur SPBE Nasional
530 dibaca
Jelang Pilkada, Pemkab Serang Antisipasi Konflik Sosial

POLITIK

50 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
72 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang
266 dibaca
KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Serang

HUKUM & KRIMINAL

107 dibaca
Polres Serang Berhasil Ungkap Jaringan Narkoba Lintas Provinsi
207 dibaca
Konsumsi Sabu, Janda Cantik Digerebek Polisi

PERISTIWA

235 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
413 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

108 dibaca
Muswil Dekopin, Andika: Banten Fokus Pemulihan Ekonomi Tanpa Korbankan Kesehatan
Top