Senin, 01 Juni 2020

Andika Minta DPRD Bantu Pemkot Tangerang Menjaga Capaian

Wagub) Banten Andika Hazrumy-[Foto Ist]
Kamis, 10 Okt 2019 | 22:07 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy meminta DPRD Kota Tangerang periode 2019-2024 dapat membantu menjaga sejumlah capaian yang sudah berhasil diraih oleh Pemkot Tangerang sejauh ini. Menurut Andika, selain merupakan hasil dari kerjasama antara eksekutif dan legislatif di Pemkot Tangerang sebelumnya, capaian-capaian tersebut juga bisa terus terjaga jika DPRD saat ini membantu eksekutif untuk mempertahankannya.

“Jelas semua capaian-capaian tersebut adalah buah dari kerja sama yang baik dalam menjalankan fungsinya anatara eksekutif dan legislatif di Pemkot Tangerang,” kata Andika saat menutup Diklat Orientasi DPRD Kota Tangerang 2019-2024 oleh Badan Pemberdyaan SDM Daerah Pemprov Banten di Hotel Horison Altama Pandeglang pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Terkait capaian-capaian dimaksud, Andika memaparkan, di sektor keuangan statistik keuangan Pemerintah Kota Tangerang menunjukkan arah perkembangan yang sangat positif. Data Statistik Keuangan Daerah yang dikeluarkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Banten tahun 2017, menunjukkan bahwa rasio kemandirian daerah Kota Tangerang mencapai 150,63 persen. Dengan rasio kemandirian daerah diatas 100 persen, Kota Tangerang mempunyai tingkat ketergantungan yang sangat rendah terhadap pendapatan yang berasal dari dana Transfer Pemerintah.

Selanjutnya, Andika menambahkan, data BPS Provinsi Banten menunjukkan bahwa capaian indikator makro pembangunan Kota Tangerang terus meningkat. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang terus meningkat dari 74,57 pada tahun 2012 meningkat mencapai 77,01 pada tahun 2018. Dengan melihat kenaikan angka IPM tiap tahun, dapat diketahui bahwa perkembangan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Kota Tangerang semakin meningkat.

“Menurut BPS, indikator capaian pembangunan Kota Tangerang masuk pada kategori capaian tinggi, untuk itu mari terus tingkatkan akselerasi dan sinergitas pembangunan khususnya dalam penyediaan layanan publik di Kota Tangerang,” kata Andika.

Sementara itu Kepala BPSDM Pemprov Banten Endrawati mengatakan, tujuan diadakan diklat DPRD adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan kepada Anggota DPRD dan Anggota Sekretariat DPRD agar dapat meningkatnya kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan DPRD dan pemerintahan Daerah. 

Adapun materi yang diberikan selama masa orientasi tersebut, kata endra diantaranya, tata cara penyusunan dan pengelolaan anggaran, peran dan fungsi alat-alat kelengpakan DPRD, pedoman pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD serta tata cara reses.

Untuk diketahui anggota DPRD Kota Tangerang periode 2019-2024 sebanyak 28 merupakan petahana, sedangkan 22 lainnya anggota baru. PDI Perjuangan memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kota Tangerang, yaitu 10 kursi. Disusul Partai Gerindra yang memperoleh 8 kursi. Partai perolehan kursi terbanyak lainnya, yaitu PKS dengan perolehan 6 kursi dan Partai Golkar 6 kursi.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Minta DPRD Bantu Pemkot Tangerang Menjaga Capaian

PEMERINTAHAN

182 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1110 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
539 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
582 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top