Senin, 10 Desember 2018

Andika Minta BPN Bantu Tuntaskan Sertifikasi Lahan Sekolah

Wagub Banten, Andika Hazrumy menerima sertifikat lahan KP3B di Kecamatan Curug, Kota Serang dari pihak BPN Serang di Hotel Ratu Kota Serang, Jumat 10 agustus 2018.[Foto Istimewa]
Sabtu, 11 Agt 2018 | 12:55 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy meminta perhatian Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Banten yang baru, Andi Tanri Abeng, untuk membantu penyelesaian proses sertifikasi sejumlah lahan sekolah milik Pemprov Banten. Sertifikasi lahan tersebut mendesak terkait dengan upaya pemprov yang tengah melakukan penataan aset, agar penggunaan aset-aset tersebut dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

“Alhamdulillah penataan aset yang kami lakukan selama ini juga sudah membuahkan hasil, dimana kami mendapatkan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian beberapa tahun ini dari BPK (badan pemeriksa keuangan),” kata Andika dalam sambutannya pada acara lepas sambut Kepala Kanwil BPB Banten di Hotel Ratu Kota Serang, Jumat 10 agustus 2018.

Dalam acara tersebut, dilepas Kepala Kanwil BPN Banten sebelumnya, Yusuf Purnama, untuk pindah berdinas menjadi Kepala Kanwil BPN Jawa Barat. Pada acara tersebut, Andika juga sekaligus mengucapkan terima kasih kepada BPN Banten yang sudah merampungkan proses sertifikasi lahan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kecamatan Curug, Kota Serang. Sertifikat lahan KP3B sah menjadi aset Pemprov Banten dengan diserahkannya sertifikatnya oleh Yusuf kepada Andika dalam acara tersebut.

Terkait sertifikasi lahan sekolah milik Pemprov Banten sendiri, Andika mengakui masih banyak lahan sekolah tersebut yang proses sertifikasinya belum selesai. Hal itu mengingat aset-aset tersebut sebelumnya milik Pemkab/Pemkot. “PR (pekerjaan rumah) untuk mensertifikasi lahan sekolah ini menyusul kebijakan pemerintah pusat terkait pelimpahan kewenangan SMA dan SMK dari pemkab/pemkot ke pemprov,” ujarnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, Pemprov Banten mengajak Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten yang baru beserta jajaran untuk bersama-sama melakukan pembaharuan, sekaligus menciptakan terobosan inovasi yang mampu mensolusikan berbagai permasalahan di bidang pelayanan administrasi.

Diakui Andika, hubungan antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten selama ini telah berjalan dengan baik, khususnya dalam mensukseskan program reforma agraria di Provinsi Banten. Reforma Agraria merupakan suatu proses yang berkesinambungan demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan dalam rangka mencapai kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Reforma Agraria, kata Andika, merupakan komitmen Pemerintah melalui program legalisasi dan redistribusi tanah seluas sembilan juta hektar yang terdiri dari 600 ribu hektar tanah transmigrasi, 3,9 juta hektar tanah legalisasi aset, 400 ribu hektar tanah bekas HGU/tanah terlantar/tanah Negara dan 4,1 juta hektar tanah pelepasan kawasan hutan.

“Program tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019, sehingga diperlukan upaya serius dan bersungguh-sungguh dari kita bersama untuk merampungkannya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, sinergitas BPN dengan Pemerintah Daerah diharapkan mampu meningkatkan sektor pendapatan melalui Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai pajak daerah. Data BPN Provinsi Banten nilai BPHTB tahun 2015 mencapai Rp 1,7 triliun, tahun 2016 mencapai Rp 1,4 triliun. Dan, hingga Agustus 2017 mencapai Rp 1,3 triliun dengan jumlah BPHTB selama 3 tahun berjalan mencapai Rp4,4 triliun.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Minta BPN Bantu Tuntaskan Sertifikasi Lahan Sekolah

PEMERINTAHAN

2604 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
303 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik
336 dibaca
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkot Cilegon 2018
bkdcilegon

POLITIK

208 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten
347 dibaca
Di Sertijab Danrem, Wagub Banten Ingatkan TNI Soal Pemilu 2019

HUKUM & KRIMINAL

251 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
323 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

229 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
256 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

151 dibaca
Dishub Kota Serang Diminta Tertibkan Trayek Angkum
207 dibaca
Andika Janji Naikan Uang Saku dan Transportasi Penyuluh Pertanian
Top