Kamis, 18 Oktober 2018

Andika Minta BPN Bantu Tuntaskan Sertifikasi Lahan Sekolah

Wagub Banten, Andika Hazrumy menerima sertifikat lahan KP3B di Kecamatan Curug, Kota Serang dari pihak BPN Serang di Hotel Ratu Kota Serang, Jumat 10 agustus 2018.[Foto Istimewa]
Sabtu, 11 Agt 2018 | 12:55 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy meminta perhatian Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Banten yang baru, Andi Tanri Abeng, untuk membantu penyelesaian proses sertifikasi sejumlah lahan sekolah milik Pemprov Banten. Sertifikasi lahan tersebut mendesak terkait dengan upaya pemprov yang tengah melakukan penataan aset, agar penggunaan aset-aset tersebut dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

“Alhamdulillah penataan aset yang kami lakukan selama ini juga sudah membuahkan hasil, dimana kami mendapatkan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian beberapa tahun ini dari BPK (badan pemeriksa keuangan),” kata Andika dalam sambutannya pada acara lepas sambut Kepala Kanwil BPB Banten di Hotel Ratu Kota Serang, Jumat 10 agustus 2018.

Dalam acara tersebut, dilepas Kepala Kanwil BPN Banten sebelumnya, Yusuf Purnama, untuk pindah berdinas menjadi Kepala Kanwil BPN Jawa Barat. Pada acara tersebut, Andika juga sekaligus mengucapkan terima kasih kepada BPN Banten yang sudah merampungkan proses sertifikasi lahan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kecamatan Curug, Kota Serang. Sertifikat lahan KP3B sah menjadi aset Pemprov Banten dengan diserahkannya sertifikatnya oleh Yusuf kepada Andika dalam acara tersebut.

Terkait sertifikasi lahan sekolah milik Pemprov Banten sendiri, Andika mengakui masih banyak lahan sekolah tersebut yang proses sertifikasinya belum selesai. Hal itu mengingat aset-aset tersebut sebelumnya milik Pemkab/Pemkot. “PR (pekerjaan rumah) untuk mensertifikasi lahan sekolah ini menyusul kebijakan pemerintah pusat terkait pelimpahan kewenangan SMA dan SMK dari pemkab/pemkot ke pemprov,” ujarnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, Pemprov Banten mengajak Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten yang baru beserta jajaran untuk bersama-sama melakukan pembaharuan, sekaligus menciptakan terobosan inovasi yang mampu mensolusikan berbagai permasalahan di bidang pelayanan administrasi.

Diakui Andika, hubungan antara Pemerintah Provinsi Banten dengan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten selama ini telah berjalan dengan baik, khususnya dalam mensukseskan program reforma agraria di Provinsi Banten. Reforma Agraria merupakan suatu proses yang berkesinambungan demi kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dalam bidang pertanahan dalam rangka mencapai kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Reforma Agraria, kata Andika, merupakan komitmen Pemerintah melalui program legalisasi dan redistribusi tanah seluas sembilan juta hektar yang terdiri dari 600 ribu hektar tanah transmigrasi, 3,9 juta hektar tanah legalisasi aset, 400 ribu hektar tanah bekas HGU/tanah terlantar/tanah Negara dan 4,1 juta hektar tanah pelepasan kawasan hutan.

“Program tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019, sehingga diperlukan upaya serius dan bersungguh-sungguh dari kita bersama untuk merampungkannya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, sinergitas BPN dengan Pemerintah Daerah diharapkan mampu meningkatkan sektor pendapatan melalui Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai pajak daerah. Data BPN Provinsi Banten nilai BPHTB tahun 2015 mencapai Rp 1,7 triliun, tahun 2016 mencapai Rp 1,4 triliun. Dan, hingga Agustus 2017 mencapai Rp 1,3 triliun dengan jumlah BPHTB selama 3 tahun berjalan mencapai Rp4,4 triliun.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Minta BPN Bantu Tuntaskan Sertifikasi Lahan Sekolah

PEMERINTAHAN

210 dibaca
ASN Pemprov Banten jangan Main-main dalam Absen
269 dibaca
HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa
247 dibaca
Dilantik, Pj Walikota Serang Diminta Perbaiki Jalan

POLITIK

129 dibaca
Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih
415 dibaca
Ratusan Buruh Cikoja Deklarasi Pemilu Damai 2019
322 dibaca
Serempak di 29 Kecamatan, KPU Kabupaten Serang Lakukan GMHP

HUKUM & KRIMINAL

287 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara
310 dibaca
Pengguna dan Pengedar Narkotika, Tiga Warga Cilegon Diringkus
215 dibaca
Alfamart Dibobol Maling, Uang Rp60 Juta Raib

PERISTIWA

156 dibaca
Polres Serang Kota Sita 3500 Lebih Botol Miras
184 dibaca
Tim PFA Dompet Dhuafa Pulihkan Anak-anak Pasca Gempa-Tsunami Sulteng
218 dibaca
Warga Petir Ditemukan Tewas Gantung Diri

EKONOMI & BISNIS

167 dibaca
MoU dengan DP3AKKB, Bank Banten Dukung Pemberdayaan Perempuan
181 dibaca
Andika Launching Toko Online Industri Rumahan Sijelita
Top