Kamis, 27 Juni 2019

Andika Dorong Pemuda Banten Lirik Sektor Pertanian

[Foto Istimewa]
Minggu, 30 Sept 2018 | 21:10 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mendorong kalangan pemuda di Banten untuk kembali melirik sektor pertanian untuk digeluti. Andika berjanji Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya,a akan mendukung segala upaya untuk kemajuan sector pertanian, termasuk harusnya generasi muda di Banten kembali melirik sector pertanian untuk dikelola dan dikembangkan.  

"Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya berharap Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi Banten dapat meningkatkan peran pemuda tani khususnya petani perempuan dalam sektor pertanian,” kata Andika dalam sambutannya pada acara Pelantikan Perempuan Tani HKTI Banten pada Sabtu, 29 September 2018. Pada acara tersebut juga turut digelar Launching Gerakan Peduli Gizi Indonesia.

Dorongan dimaksud, kata Andika, yakni di antara melalui penyediaan program khusus dan terintegrasi serta layanan pendukung lainnnya termasuk pelatihan dan penyuluhan, teknologi pertanian, subsidi, asuransi dan pasar. Hal itu diharapkan dapat mendorong pemuda Banten kembali tertarik kepada sector pertanian.

Untuk menjaring potensi dan energi pemuda dalam sektor pertanian, lanjut Andika, juga harus dibuat kebijakan dan program yang komprehensif dan terintegrasi dengan pembangunan perdesaan, berkelanjutan, pertanian ramah lingkungan serta agri-enterprise yang dikelola petani.

"Juga dalam hal pemasaran dan perdagangan, dengan insentif dan manfaat khusus bagi pemuda tani, khususnya perempuan. Perempuan Tani HKTI Provinsi Banten, diharapkan mampu menumbuhkan wirausahawan petani muda yang dapat mengelola usaha tani dengan baik dan menguntungkan,” paparnya.

Lebih jauh Andika berharap Perempuan Tani HKTI terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten se-Provinsi Banten untuk pengembangan inovasi sector pertanian di Provinsi Banten.

Sementara itu Ketua PTHKTI Dian Novita Susanto dalam sambutannya mengatakan, sebagai wujud komitmen Perempuan Tani HKTI terhadap pengentasan stunting (gizi buruk), pihaknya me-launching Gerakan Peduli Gizi Indonesia. “Program berkelanjutan per tahun ini bekerjasama dengan PINSAR Indonesia dan ASOHI serta didukung oleh PT Berdikari (Persero) dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk," kata Dian.

Adapun pelantikan pengurus DPP PT HKTI Banten kali ini, kata Dian, mengusung tema yang selaras dengan tema Hari Tani Nasional yakni, Peran Perempuan Dalam Membangun SDM yang Unggul Melalui Perbaikan Gizi. "Selamat mengemban panji-panji Perempuan Tani HKTI kepada pengurus Provinsi Banten. Selamat Berkarya," imbuh Dian.

Sebagai perwujudan dari kepedulian terhadap perbaikan gizi, lanjut Dian, para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PT HKTI Banten juga menyerahkan bantuan peduli gizi berupa ayam karkas sebanyak 300 ekor dan telur 490 butir kepada 300 kepala keluarga di Desa Bojen, Kecamatan Soblang, Kabupaten Pandeglang.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Dorong Pemuda Banten Lirik Sektor Pertanian

PEMERINTAHAN

552 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik
1198 dibaca
Pemprov Banten Merubah RPJMD 2017-2022, Ini Sebabnya
1402 dibaca
Perencanaan APBD Banten 2019, Pembangunan Fisik Harus Selesai November

POLITIK

1203 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar
1387 dibaca
2 Tahun Kepemimpinan WH-Andika, Eks Relawan Bentuk Tim Kajian 
10968 dibaca
Arwan Benarkan Ucapan Gubernur WH ‘Siapa Suruh jadi Relawan’

HUKUM & KRIMINAL

639 dibaca
Cabuli Siswa Hingga Hamil, 3 Oknum Guru Terancam 20 Tahun Penjara
2152 dibaca
Kapolda Banten Berhentikan Dua Anggota Polri
493 dibaca
Dua Spesialis Pencuri Rumsong Dibekuk Resmob

PERISTIWA

370 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman
301 dibaca
Angka Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Pemkab Serang Siaga Satu
1416 dibaca
Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

EKONOMI & BISNIS

537 dibaca
Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital
519 dibaca
WH Ingatkan Tertinggal Revolusi 4.0, Menganggur Kita
Top