Jumat, 14 Desember 2018

Andika Dorong Pemuda Banten Lirik Sektor Pertanian

[Foto Istimewa]
Minggu, 30 Sept 2018 | 21:10 WIB - Serang Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mendorong kalangan pemuda di Banten untuk kembali melirik sektor pertanian untuk digeluti. Andika berjanji Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya,a akan mendukung segala upaya untuk kemajuan sector pertanian, termasuk harusnya generasi muda di Banten kembali melirik sector pertanian untuk dikelola dan dikembangkan.  

"Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya berharap Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi Banten dapat meningkatkan peran pemuda tani khususnya petani perempuan dalam sektor pertanian,” kata Andika dalam sambutannya pada acara Pelantikan Perempuan Tani HKTI Banten pada Sabtu, 29 September 2018. Pada acara tersebut juga turut digelar Launching Gerakan Peduli Gizi Indonesia.

Dorongan dimaksud, kata Andika, yakni di antara melalui penyediaan program khusus dan terintegrasi serta layanan pendukung lainnnya termasuk pelatihan dan penyuluhan, teknologi pertanian, subsidi, asuransi dan pasar. Hal itu diharapkan dapat mendorong pemuda Banten kembali tertarik kepada sector pertanian.

Untuk menjaring potensi dan energi pemuda dalam sektor pertanian, lanjut Andika, juga harus dibuat kebijakan dan program yang komprehensif dan terintegrasi dengan pembangunan perdesaan, berkelanjutan, pertanian ramah lingkungan serta agri-enterprise yang dikelola petani.

"Juga dalam hal pemasaran dan perdagangan, dengan insentif dan manfaat khusus bagi pemuda tani, khususnya perempuan. Perempuan Tani HKTI Provinsi Banten, diharapkan mampu menumbuhkan wirausahawan petani muda yang dapat mengelola usaha tani dengan baik dan menguntungkan,” paparnya.

Lebih jauh Andika berharap Perempuan Tani HKTI terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten se-Provinsi Banten untuk pengembangan inovasi sector pertanian di Provinsi Banten.

Sementara itu Ketua PTHKTI Dian Novita Susanto dalam sambutannya mengatakan, sebagai wujud komitmen Perempuan Tani HKTI terhadap pengentasan stunting (gizi buruk), pihaknya me-launching Gerakan Peduli Gizi Indonesia. “Program berkelanjutan per tahun ini bekerjasama dengan PINSAR Indonesia dan ASOHI serta didukung oleh PT Berdikari (Persero) dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk," kata Dian.

Adapun pelantikan pengurus DPP PT HKTI Banten kali ini, kata Dian, mengusung tema yang selaras dengan tema Hari Tani Nasional yakni, Peran Perempuan Dalam Membangun SDM yang Unggul Melalui Perbaikan Gizi. "Selamat mengemban panji-panji Perempuan Tani HKTI kepada pengurus Provinsi Banten. Selamat Berkarya," imbuh Dian.

Sebagai perwujudan dari kepedulian terhadap perbaikan gizi, lanjut Dian, para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PT HKTI Banten juga menyerahkan bantuan peduli gizi berupa ayam karkas sebanyak 300 ekor dan telur 490 butir kepada 300 kepala keluarga di Desa Bojen, Kecamatan Soblang, Kabupaten Pandeglang.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Dorong Pemuda Banten Lirik Sektor Pertanian

PEMERINTAHAN

202 dibaca
Gubernur Banten Terima DIPA TA 2019 dari Presiden
2774 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
317 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik

POLITIK

310 dibaca
Eeng Kosasih Pimpin KNPI Kabupaten Serang, Ini Program Unggulannya
154 dibaca
Pemilu 2019, Pemprov Banten Target Partisipasi Pemilih 80 Persen
219 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten

HUKUM & KRIMINAL

128 dibaca
Sabu 2,5 Kg dan 51 Pil Ekstasi Siap Edar di Tangsel Diamankan
256 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
332 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

251 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
280 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

157 dibaca
Investasi di Banten Harus Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat 
210 dibaca
Pemprov Banten Lepas Seluruh Saham di Bank BJB
Top