Sabtu, 13 Juli 2024

Andika Ajak PWSTS Dorong Kemajuan Tangsel Lewat Kebudayaan Sunda

Sabtu, 11 Jun 2022 | 14:45 WIB - Tangerang

lBC, Tangsel - Tokoh masyarakat Provinsi Banten yang adalah Wakil Gubernur Banten 2017-2022, Andika Hazrumy, menghadiri pengukuhan pengurus Paguyuban Warga Sunda Tangerang Selatan (PWSTS) 2022-2025 di Kampung Sunda, Setu, Tangsel pada Sabtu, 11 Juni 2022. Dalam sambutannya, Andika mengajak PWSTS mendorong kemajuan di Tangsel melalui pengembangan kebudayaan Sunda.

"Dengan melestarikan budaya Sunda sekaligus kita bisa mendorong kemajuan Kota Tangsel ini," kata Andika. Hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan yang melantik pengurus PWSTS tersebut.

Andika melanjutkan, pelestarian budaya Sunda dimaksud bisa dilakukan dengan memperbanyak menampilkan produk-produk kebudayaan Sunda seperti kesenian, kuliner hingga ritus di berbagai kesempatan di Kota Tangsel. "Seperti hari ini kita mengadakan acara di sini di tempat wisata yang dinamakan Kampung Sunda. Ini patut apresiasi," kata Andika.

Lebih jauh dari itu, kata Andika, pemerintah daerah seperti Pemkot Tangsel, sebagaimana pengalamannya menjadi Wakil Gubernur Banten, dipastikan akan sangat terbuka dengan masukan-masukan ide dan gagasan dari kelompok masyarakatnya. "Di luar melestarikan budaya Sunda, PWSTS dapat juga memberi masukan ide dan gagasan yang sifatnya untuk pemberdayaan masyarakat di Kota Tangsel," ujarnya.

Dikatakan Andika,  berdasarkan sepengetahuannya sepanjang menjadi Wakil Gubernur Banten sebelumnya, Tangsel merupakan daerah yang kemajuannya di atas kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten. Untuk itu, kata Andika, relatif lebih mudah bagi warga dan kelompok masyarakat di Tangsel dalam mendukung kemajuan daerahnya. "Banyak faktor alamiah yang membuat Tangsel lebih maju, di antaranya karena posisinya yang merupakan kota satelit dari ibu kota Negara, Jakarta," paparnya.

Ketua PWSTS terpilih, Dudung E Direja mengaku siap membawa organisasi yang dipimpinnya itu mendorong kemajuan Kota Tangsel dengan bersinergi bersama Pemkot Tangsel. 

Diungkapkan mantan Sekda Pemkot Tangsel itu, data BPS terakhir menyebutkan jumlah warga Sunda di Tangsel mencapai 500 ribu lebih jiwa. "Ini sebuah potensi yang besar yang perlu mendapatkan saluran agar potensinya menjadi bermanfaat baik bagi kelompok kami maupun bagi lingkungan sekitar," paparnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Andika Ajak PWSTS Dorong Kemajuan Tangsel Lewat Kebudayaan Sunda
jbkj

INILAH SERANG

883 dibaca
Pemprov Ajukan Raperda untuk Putus Mata Rantai Covid 19 di Banten
1871 dibaca
Pindah Lokasi, Pemkab Serang Percepat Relokasi 4 SDN Terdampak Jalan Tol

HUKUM & KRIMINAL

1324 dibaca
Sabu 2,5 Kg dan 51 Pil Ekstasi Siap Edar di Tangsel Diamankan
1021 dibaca
Buruh Pabrik Tega Setubuhi Pacarnya yang Masih Dibawah Umur

POLITIK

433 dibaca
Jalan di 29 Kecamatan Dibeton, Andika Puji Kinerja Bupati Serang
1492 dibaca
Dalih Pilgub DKI, Golkar-Hanura Bentuk Poros Jabar

PENDIDIKAN

1673 dibaca
Usai Peringati Hari Guru, WH Kunjungi Sekolah Rusak di Ciruas
Top