Minggu, 26 Mei 2024

Airin Dampingi JK Resmikan Fasilitas Laboratorium Penelitian Hasil Panen

(Foto Nonstopnews)
Rabu, 15 Nov 2017 | 22:37 WIB - Tangerang Peristiwa

lBC, Tangsel - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam peresmian pengoperasian fasilitas Iradiaotor Gamma Merah Putih (IGMP) dan Laboratorium Radioisotop Radiofarmaka di Kawasan Puspiptek, Setu, Kota Tangsel pada Rabu, 15 November 2017.

“Fasilitas ini bisa memberi sumbangsih ekonomi dan masyarakat kita. Suatu lembaga penelitian melihat ke depan karena teknologi sangat cepat jalannya," katanya.

Sementara Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto, mengungkapkan IGMP dibangun untuk menjawab kondisi pengolahan pascapanen Indonesia sebagai negara agraris maritim dengan potensi produk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan sangat melimpah.

Namun karena sistem pengelolaan pascapanennya yang buruk menyebabkan kondisi hasil panen cepat membusuk. IGMP merupakan karya anak bangsa dengan kandungan lokal lebih dari 84 persen.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla berharap dengan adanya fasilitas ini mampu meningkatkan hasil pertanian dan produk ekspor pangan di Tanah Air, sehingga turut mendorong kemajuan bangsa.

"Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada BATAN (Badan Teknologi Nuklir Nasional) yang menghadirkan hasil karya yang baik, yang dapat bermanfaat untuk kehidupan kita dan ekonomi bangsa," kata Wapres.

Keuntungan dari pemanfaatan IGMP ini adalah proses efektif, dapat membunuh bakteri pembusuk, tidak ada residu kimia beracun, tidak merusak kandungan gizi pada bahan pangan, bisa untuk produk kemasan, dan dapat digunakan untuk sterilisasi, serta aman dikonsumsi, karena pemberian dosis radiasi telah sesuai dengan Permenkes Nomor 701/Menkes/Per/VIII/2009.[Ari/Nonstopnews]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Airin Dampingi JK Resmikan Fasilitas Laboratorium Penelitian Hasil Panen

INILAH SERANG

1445 dibaca
Soal Perampokan Swalayan, Kapolsek : Pengelola Tidak Perhatikan Keamanan
671 dibaca
Di Hadapan Bupati, Ulama hingga Jawara dukung Pembongkaran THM

HUKUM & KRIMINAL

1477 dibaca
Puluhan WBP Rutan Rangkasbitung Bersih-bersih Bedeng
1322 dibaca
Polda Kalsel Sita 599 Gram Sabu

POLITIK

1076 dibaca
Pandji: Target Kami 326 Desa Dapat Bantuan Ambulance
1959 dibaca
DPRD Pandeglang Siap Gunakan Hak Interpelasi

PENDIDIKAN

2158 dibaca
Terdampak Tol Serang-Panimbang, Relokasi 3 SDN di Cikeusal Belum Jelas
923 dibaca
Andika: Banten Akan Inisiasi Regulasi Perbukuan di Daerah
Top