Sabtu, 13 Juli 2024

Airin Beri Jawaban Terhadap Pandangan Fraksi

Walkota Tangsel dan Wakil wali kota sesaat sebelum mengikuti pandangan umum fraksi fraksi DPRD Kota Tangsel
Senin, 10 Jul 2017 | 21:04 WIB - Tangerang

IB, TANGSEL-Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi - fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Tangsel tahun Anggaran 2016 dalam Rapat Paripurna yang dirangkaikan dengan Pelantikan Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Taufik M. Amin di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kecamatan Setu pada hari ini, Senin(10-Juli-2017).

Dalam menyampaikan pidato jawaban atas pandangan umum fraksi tersebut dalam rapat paripurna, Walikota dan Wakil Walikota Tangsel melakukan secara bergantian dihadapan Ketua beserta para anggota DPRD dari berbagai fraksi di Kota Tangsel. Pandangan umum fraksi tersebut terdiri dari kendala dan prestasi terhadap pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016 yaitu tentang SILPA, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Pendapatan Asli Daerah dan lain-lain.

 Airin Rachmi Diany dalam pidatonya menjelaskan bahwa dirinya mengakui APBD 2016 terdapat SILPA. Airin menjelaskan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi SILPA diantaranya adalah pelampauan pendapatan daerah, adanya efisiensi belanja dan pertimbangan efektifitas pelaksanaan kegiatan, serta keterlambatan petunjuk teknis Dana Alokasi Khusus(DAK).

Selain itu, terkait dengan Peningkatan Pendapatan Daerah, Airin menyampaikan bahwa Pemerintah Kota telah berupaya memanfaatkan teknologi sebagai sarana meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan RI dan peraturan yang berlaku salah satunya pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Barang Milik Daerah(SIMBADA), pemanfaatan Sistem Perizinan Online.

Diakhir laporannya, Airin mengucapkan terima kasih kepada para fraksi atas apresiasinya terhadap Pemerintah Kota tentang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2016 dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta sistem informasi yang terintegrasi dengan menggunakan SIMRAL.

Selain itu, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dalam pidatonya juga melaporkan bahwa terkait dengan permasalahan yang ada di Kota Tangsel selama pelaksanaan APBD tahun 2016, Pemerintah telah berupaya sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, yaitu dalam mengatasi pengangguran dalam usia produktif di Kota Tangsel, Pemkot melalui Dinas      Ketenagakerjaan telah memberikan upaya seperti membuat pelatihan, mengadakan Job Fair        setiap tahun.

Terkait dengan TPA Cipeucang yang menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, upaya yang             dilakukan Pemkot optimalisasi pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi terbaru       melalui pola kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), mengefektifkan program TPS        3R, mengembangkan bank sampah, pengembangan industri pengolahan sampah berbasis daur             ulang.

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Airin Beri Jawaban Terhadap Pandangan Fraksi
jbkj

INILAH SERANG

1905 dibaca
Hitung Cepat Pilkada Banten Beda Tipis, Kapolda Imbau Warga Jaga Kondusifitas
695 dibaca
Pemprov Terus Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat

HUKUM & KRIMINAL

1638 dibaca
Sembunyi di Rumah Mertua, Pembobol Toko Pakaian Diringkus
1937 dibaca
Pungli, Pegawai Dishub Serang dan Disdukcapil Pandeglang Terjaring OTT

POLITIK

1133 dibaca
Beda Pilihan Boleh, Hilang Semangat Kebersamaan Jangan
488 dibaca
Netralitas ASN di Banten Kondisi Baik

PENDIDIKAN

1728 dibaca
Saung Baca Inspirasi Siswa Membaca
Top