Minggu, 24 Januari 2021

Agar Terjamin, Pekerja di Imbau Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi
Rabu, 04 Okt 2017 | 16:06 WIB - Lebak Ekonomi & Bisnis

IBC, Lebak – Para pekerja di Kabupaten Lebak baik itu yang berasal dari kalangan pemerintahan maupun swasta di himbau agar ikut menjadi peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Lantaran, dengan menjadi peserta BPJS, para pekerja bisa lebih pokus bekerja tanpa harus memikirkan  hal hal yang tidak diinginkan.

            Untuk itu, menurut Didin Haryono, Kepala Pemasaran Wilayah pada BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten, hendaknya pemerintah daerah betul betul mendorong agar seluruh karyawan baik itu pekerja honorer, perangkat desa dan para buruh untuk segera menjadi peserta, sehingga ke depan mendapatkan pelindungan keselamatan kerja dari instansinya.

            “Saya harapkan Pemerintah derah maupun para pengusaha agar mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Lantaran, hal itu sangat penting karena   untuk melindungi para pekerja dari berbagai resiko kerja,”kata Didin Haryono kepada wartawan, Rabu 4-Oktober-2017.

            Selain itu kata laki laki yang pernah menjabat sebagai Sekertaris  umum  Koordinator Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) ini, keharusan pegawai untuk menjadi peserta BPJS sudah menjadi mandatori negara sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial dan peraturan pemerintah nomor 44, 45 dan 46.

            Dengan begitu masih kata Didin, perlu adanya himbauan dari pemerintah daerah baik itu di Kabupaten atau kota yang ada di Banten untuk memberikan pemahaman atau stimulus terkait pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

            “Banyak tenaga honor, perangkat desa serta buruh kecil di Kabupaten Lebak yang belum mendapatkan perlindungan dari pihak kami. Harapannya, sesegera mungkin mendaftar menjadi peserta BPJS,”katanya lagi.

            Meski demikian, pihaknya mengaku berterima kasih kepada Bupati Lebak yang sudah ikut menghinbau kepada seluruh karyawan dan para pengusaha untuk mendaftarkan para pekerjanya. Namun, himbauan tersebut belum sepenuhnya direspon, sehingga dibutuhkan dukungan dengan “dosis”yang lebih dari Bupati agar seluruh pekerja ikut BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapan kami  adalah tidak ada satu orangpun tenaga kerja yang ada di wilyah Lebak yang tidak terlindungi dari berbgai resiko kerja, baik dari resiko kecelakaan waktu bekerja, resiko kematian, resiko hari tua dan jaminan pensiun,”ungkapnya.

            Sementara itu, Maman Suparman,  kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak, mengaku selalu memberikan himbauan kepada para pelaku usaha agar mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sesuai arahan dari Bupati Lebak.

                “Kita selalu dorong agar seluruh pelaku usaha untuk mendaftarkan pegawainya untuk menjadi peserta BPJS. Ini himbauan dari Bupati juga, namun hasilnya kan bertahap, selangkah demi selangkah kami harapkan bisa ikut semua,”kata Maman.

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Agar Terjamin, Pekerja di Imbau Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BERITA TERKAIT

INILAH BANTEN

44 dibaca
Polda Banten Kawal Distribusi Vaksin Sinovac ke Kabupaten/Kota
99 dibaca
Sambil Ngopi, Polda Banten Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

INILAH SERANG

41 dibaca
Laznas Chevron dan Dompet Dhuafa Banten Salurkan Paket Nutrisi
112 dibaca
KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih

HUKUM & KRIMINAL

66 dibaca
Selundupkan Bibit Lobster, Dua Warga Pandeglang Dibekuk
81 dibaca
Usai Disetujui DPR, Komjen Listyo Sigit Siapkan Rencana Aksi

POLITIK

112 dibaca
KPU Tetapkan Tatu-Pandji Bupati dan Wakil Bupati Serang Terpilih
116 dibaca
KPU Pandeglang Siapkan Materi Gugatan di MK

PENDIDIKAN

173 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
303 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top