Rabu, 30 September 2020

53 KK di Kampung Mualaf Baduy Nikmati Daging Sapi Kurban Dompet Dhuafa

Khoirunnisa gadis belia menjadi mualaf muda di di Kampung Mualaf Baduy, Kabupaten Lebak.
Minggu, 02 Agt 2020 | 07:20 WIB - Lebak Mozaik Islami

lBC, Lebak - Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020, yang menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi sejumlah masyarakat di Kampung Mualaf Baduy, Kabupaten Lebak. Semangat masyarakat terlihat dari antusias saat shalat idul adha hingga prosesi penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah, Dompet Dhuafa (DD) Banten dapat mendistribusikan hewan kurban salah satunya ke Kampung Mualaf Baduy, yang terletak di Lebak,” ujar Sofa pendamping Tebar Hewan Kurban (THK) DD Banten.

Dengan begitu, Dompet Dhuafa dapat meratakan masyarakat untuk menikmati daging. “Tentu saja,  bagi mereka adalah suatu hal langka dalam mengkonsumsi daging, padahal daging merupakan sumber protein dan lemak terbaik untuk pemenuhan gizi bagi masyarakat,” ungkap Sofa.

Sebanyak 53 KK (Kepala Keluarga) yang tersebar di Kampung Mualaf Baduy, dipastikan mendapatkan daging kurban dari seekor sapi, dengan masing-masing dibagikan seberat 2 kilogram.  Daging yang telah di cacah dengan bentuk yang lebih kecil sebelum dibagikan, di timbang lebih dahulu lalu dimasukan ke dalam besek bambu yang telah disiapkan oleh masyarakat hasil ayaman atau rajutan sendiri.

“Masyarakat disini menggunakan bambu sebagai bahan utama dalam pembuatan perkakas hingga rumah. Sehingga kami sudah terbiasa dengan besek sebagai wadah daging, selain ramah bagi lingkungan besek dapat digunakan berkali-kali tanpa merubah warna maupun tekstur daging,” ujar Usro salah satu warga Kampung Mualaf Baduy.

Pembagian kurban dilakukan secara door to door atau dari (pintu ke pintu) untuk meminimalisir terjadinya kerumunan masyarakat dalam pembagian daging kurban. Selain itu ini merupakan prosedur dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 di wilayah Banten dan sekitarnya.

Di sisi lain dalam pembagian daging terdapat mualaf muda, yakni Khoirunnisa, gadis belia berusia 19 Tahun ini, menjadi mualaf muda di Kampung tersebut. “Alhamdulillah ini daging pertama saya , sejak menginjak pertama dalam kenyakinan saya. Saya pun masih bingung untuk mengolah daging menjadi masakan yang lezat bagi keluarga saya. Saya berterima kasih kepada DD Banten yang telah memberikan kurban di Kampung kami,” ujar Khoirunnisa.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

53 KK di Kampung Mualaf Baduy Nikmati Daging Sapi Kurban Dompet Dhuafa

PEMERINTAHAN

66 dibaca
Tahun 2021, Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang menjadi Badan
152 dibaca
Rakor, Pjs Bupati Serang Fokus Penanganan Covid-19

POLITIK

62 dibaca
Satukan Kekuatan Pemuda, Bapera Dukung Tatu-Pandji
134 dibaca
Uji Publik DPS, KPU Kabupaten Serang Pastikan DPT Bakal Bertambah
310 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan

HUKUM & KRIMINAL

53 dibaca
Sempat Melawan, Dua Pengedar dan Kurir Sabu Diringkus
207 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pelaku Penggelapan Ribuan Sepatu Ekspor

PERISTIWA

281 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
457 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Paparkan Kinerja, Bank Banten Gelar Public Expose Tahunan dan Insidentil
Top