Selasa, 24 November 2020

5 Tips Kendalikan Kuota Internet Agar Tidak Boros

Selasa, 17 Nov 2020 | 16:15 WIB - Teknologi

GADGET atau gawai sudah menjadi bagian dari perangkat yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Semua karena kebutuhan, entah untuk pekerjaan, belajar, atau sekadar mencari hiburan melalui smartphone.

Agar fitur dalam perangkat ponsel pintar tersebut bisa digunakan dengan maksimal, penggunanya harus menyediakan koneksi internet. Oleh sebab itu, Anda harus membeli pulsa atau paket data internet agar bisa merasakan manfaat smartphone dengan lebih maksimal, seperti untuk kebutuhan berkomunikasi.

Namun, pada praktiknya seringkali mengalami paket internet tiba-tiba habis padahal sedang sangat genting, misalnya ketika sedang menyelesaikan deadline pekerjaan. Alhasil, karena sudah tidak ada lagi kuota internet yang bisa dipakai, pulsa Anda tersedot banyak sebagai ganti dari pemakaian layanan internet tersebut.

Saat hal ini terjadi, tentu muncul rasa penyesalan karena penggunaan pulsa untuk bermain internet tidaklah murah dan tahu-tahu sudah tidak bersisa sama sekali.

Karena itulah, penting untuk memperhatikan cara tentang bagaimana mengendalikan kuota paket internet agar tidak habis secara mendadak dan menguras pulsa.

Berikut 5 tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari problem boros kuota internet.

1. Jangan paksakan menggunakan paket data saat sinyal tak stabil

Jaringan sinyal kartu seluler bisa saja terganggu saat berada di beberapa lokasi tertentu, seperti bandara, konser musik, kereta api, bioskop, bahkan di pusat perbelanjaan. Saat berada di tempat-tempat tersebut, jangan kaget kalau kualitas internet dari paket data Anda menjadi lambat atau tidak stabil.

Penyebabnya karena ponsel pintar Anda akan berusaha mencari sinyal di antara banyaknya pengguna lain. Penjelasan sederhananya, jaringan sinyal terbatas yang disediakan oleh provider kartu SIM Anda harus dibagi ke banyak orang sekaligus di waktu yang bersamaan.

Jadi, tidak heran kalau koneksi internetnya menjadi tidak stabil atau bahkan sering terputus.

Selain itu, kondisi cuaca juga bisa menjadi alasan mengapa jaringan paket data menjadi tidak stabil. Sebagai contoh, kualitas sinyal internet saat turun hujan akan berkurang drastis jika dibandingkan saat cuaca cerah.

Nah, ketimbang merasakan kualitas layanan yang sedang tidak baik dan membuang-buang kuota, jangan paksakan untuk menggunakan paket internet saat sinyalnya tidak stabil.

2. Buang aplikasi yang jarang digunakan

Dalam smartphone Anda, barangkali terdapat puluhan aplikasi yang entah masih aktif digunakan atau tidak.

Jika diketahui ada aplikasi yang sudah jarang digunakan, atau tidak pernah sama sekali, jangan ragu untuk menghapusnya agar kuota internet menjadi lebih hemat.

Alasannya karena meski sudah tidak digunakan secara aktif, aplikasi yang terpasang di smartphone Anda sedikit banyak menguras kuota internet, seperti saat update versi dan notifikasi.

Jadi, ketimbang terus-terusan menyedot paket data, hapus saja aplikasi yang sudah tidak lagi Anda butuhkan di smartphone.

3. Gunakan aplikasi dengan bergantian

Menggunakan banyak aplikasi sekaligus sangat mungkin menjadi penyebab utama mengapa kuota internet Anda lebih cepat habis daripada biasanya. Sebab, aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan bersamaan tersebut akan terus menguras data internet secara aktif. Kecepatan internet pun juga akan menjadi lambat.

Berbeda dengan saat menggunakan aplikasi secara bergantian karena jaringan internet bisa berfokus menuju satu aplikasi saja. Anda pun bisa menjadi jauh lebih hemat dan tidak lagi sering membeli paket data internet yang mampu membuat dompet kering.

4. Bijak menggunakan paket data

Semakin canggih smartphone yang Anda miliki, akan semakin besar pula konsumsi kuotanya. Tak hanya itu, pemakaian internet hingga lupa waktu, seperti saat bermain sosial media juga dapat dengan cepat membuat kuota internet Anda cepat habis, khususnya Instagram yang mayoritas kontennya berisi gambar dan video.

Untuk itu, kunci utama dalam menjaga kuota internet dan tidak cepat terkuras adalah dari penggunaan Anda sendiri.

Jika bijak dan tidak berlebihan, sudah pasti Anda akan menggunakan paket internet sesuai kebutuhan dan mengurangi pengeluaran untuk keperluan tersebut.

5. Cari paket data yang sesuai kebutuhan

Tips terakhir agar paket kuota internet lebih hemat adalah dengan membeli paket data yang memberikan segala kebutuhan.

Di antara banyaknya paket internet yang ditawarkan oleh provider, tak sedikit yang berfokus memberikan layanan untuk penggunaan tertentu, sebagai contoh untuk kebutuhan streaming, media sosial, atau bermain game.

Dengan memanfaatkan paket internet yang tepat, seluruh kebutuhan dunia maya Anda akan terpenuhi dengan harga yang lebih terjangkau. Yang pasti, cek dulu syarat dan ketentuan dari paket internet yang akan dibeli agar tidak merasa kecewa karena pelayanannya tidak sesuai ekspektasi.

Sudah banyak provider yang menyediakan paket internet yang terjangkau dengan jumlah kuota yang cukup besar. Contohnya paket internet XL, Telkomsel, Indosat, dan provider-provider lainnya.

Bandingkan provider dan paket sesuai kebutuhan sehingga pemakaiannya bisa tepat sasaran.[lnilahcom]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

5 Tips Kendalikan Kuota Internet Agar Tidak Boros

PEMERINTAHAN

134 dibaca
Jelang Nataru, TPID Kabupaten Serang Diminta Antisipasi Gejolak Harga
302 dibaca
Sekda Entus: DWP Kabupaten Serang Harus jadi Perekat Masyarakat

POLITIK

99 dibaca
Tinjau Simulasi, Pjs Bupati Serang Optimis Pilkada Sukses Masyarakat Sehat
149 dibaca
Terapkan Prokes, KPU Kabupaten Serang Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

HUKUM & KRIMINAL

193 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Dua Ditembak
169 dibaca
214 Ranmor Diungkap Polda Banten

PERISTIWA

54 dibaca
Di Wilayah Hukum Polres Serang, Spanduk dan Baligho Ilegal Diturunkan
168 dibaca
Hujan Deras Akibatkan Tebing Longsor dan Rendam Rumah Warga

EKONOMI & BISNIS

46 dibaca
Mau Liburan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Udah Bisa Dipesen yah
107 dibaca
Pulihkan Ekonomi Pasca Covid, Pemerintah Alokasikan Rp 695 Triliun
Top