Kamis, 27 Juni 2019

48 ASN Pemprov Banten Ikuti Diklat Calon Kepala Sekolah

Pj Sekda Banten Ino S Rawita mengalungkan kartu kepada salah satu peserta diklat di BPSDM Provinsi Banten, Karang Tanjung, Pandeglang pada Selasa, 30 April 2019.[Foto:SubLip]
Selasa, 30 Apr 2019 | 16:46 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ino S Rawita membuka pendidikan dan pelatihan calon kepala Sekolah SMA/SMK/SKH Aparatus Sipil Negara (ASN) dilingkungan Provinsi Banten. Diklat bertempat di Badan pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten, Karang Tanjung, Pandeglang pada Selasa, 30 April 2019.

Sebanyak 48 ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengikuti Diklat Calon kepala sekolah diharapkan para peserta diklat ini menjadi kepala sekolah untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. “Sebagai seorang guru, kepala sekolah sejatinya adalah juga pendidik yang harus mampu membina guru-guru disekolahnya menjadi guru kreatif dan selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran,” kata Ino.

“Selain itu kepala sekolah harus mampu memobilisasi sumber daya sekolah, perencanaan dan evaluasi program, kurikulum, pembelajaran, pengelolaan personalia, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, hubungan dengan masyarakat, dan penciptaan iklim kondusif,” pesan Ino S Rawita.

Dia menegaskan, kepala sekolah adalah faktor penentu bagi keberhasilan pendidikan di sekolah, karena kepala sekolah merupakan sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. Lanjut Ino, bahwa kepala sekolah merupakan komponen yang berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Ino menyebutkan jika kemampuan atau kompetensi profesional dari seorang kepala sekolah sangat menentukan mutu pendidikan. Meningkatkan mutu salah satu indikator keberhasilan kepemimpinan seorang kepala sekolah diukur dari mutu pendidikan yang ada di sekolah yang dipimpinnya. “Maka kepala sekolah yang berhasil mencapai tujuan sekolah, serta tujuan dari para individu yang ada didalam lingkungan sekolah, harus memahami dan menguasai perasaan organisasi dan hubungan kerjasama antara individu,”katanya.

“Melalui kegiatan ini para peserta akan mendapatkan ilmu, pengetahuan serta pengalaman dan inovasi baru yang dapat dijadikan sebagai bahan atau materi rujukan dalam melaksanakan tugas yang diembannya,”tutur Ino mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Kepala BPSDM Provinsi Banten Endarwati mengatakan bahwa pada hari ini diadakan diklat calon kepala Sekolah SMA/SMK/SKH yang diikuti oleh 48 ASN dilingkungan Pemprov Banten. Tujuan dari diklat calon kepala sekolah yaitu untuk menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan. “Calon kepala sekolah pada dimensti kopetensi kepribadian dan meciptakan aparatur yang berperan sebagai pembaharu,”ujarnya.

Selain itu turut di buka diklat dasar manajemen penangulangan bencana angkatan II se Provinsi Banten tahun anggaran 2019 yang di ikuti oleh 30 ASN dilingkungan Provinsi Banten dan kabupaten/kota di Banten.[SubLip]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

48 ASN Pemprov Banten Ikuti Diklat Calon Kepala Sekolah

PEMERINTAHAN

554 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik
1199 dibaca
Pemprov Banten Merubah RPJMD 2017-2022, Ini Sebabnya
1404 dibaca
Perencanaan APBD Banten 2019, Pembangunan Fisik Harus Selesai November

POLITIK

1204 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2020, KPU Ajukan Anggaran Rp85 Miliar
1388 dibaca
2 Tahun Kepemimpinan WH-Andika, Eks Relawan Bentuk Tim Kajian 
10969 dibaca
Arwan Benarkan Ucapan Gubernur WH ‘Siapa Suruh jadi Relawan’

HUKUM & KRIMINAL

640 dibaca
Cabuli Siswa Hingga Hamil, 3 Oknum Guru Terancam 20 Tahun Penjara
2155 dibaca
Kapolda Banten Berhentikan Dua Anggota Polri
494 dibaca
Dua Spesialis Pencuri Rumsong Dibekuk Resmob

PERISTIWA

371 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman
303 dibaca
Angka Kematian Ibu dan Bayi Tinggi, Pemkab Serang Siaga Satu
1417 dibaca
Ops Cipta Kondisi, Polres Serang Minimalisir Pergerakan Massa

EKONOMI & BISNIS

539 dibaca
Dekopinwil Banten Diminta Lakukan Perubahan di Era Digital
521 dibaca
WH Ingatkan Tertinggal Revolusi 4.0, Menganggur Kita
Top