Kamis, 18 April 2024

364 Calon Panwascam Ikuti Tes Tertulis Online

[Foto InilahBanten]
Jumat, 13 Des 2019 | 15:54 WIB - Serang

lBC, Serang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang melaksanakan tes tertulis secara online yang di ikuti 364 Calon Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dari 29 kecamatan. Pelaksanaannya sendiri bertempat di SMK Nurul Huda Kecamatan Baros pada Jum’at, 12 Desember 2019.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Rekrutmen Panwascam pada Bawaslu Kabupaten Serang, Sulyan Tarudin mengatakan, untuk tes tertulis online saat ini bukan hanya Bawaslu Kabupaten Serang yang melaksanakan melainkan serempak seluruh Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2020. Untuk soal tes tertulis saat ini lebih kepada tiga poin.

“Untuk soal itu sebanyak 100 dengan waktu 90 menit, hari ini harus selesai. Dari 100 soal lebih kepada tiga poin itu yaitu tentang kepengawasan, kepemiluan, dan wawasan kebangsaan. Selanjutnya bagaimana melakukan penanganan, dan pencegahan pelanggaran pemilu,”ujarnya kepada lnilahBanten disela-sela tes tertulis.

hbDari 364 peserta yang mengikuti tes tulis online ini, lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini akan dikerucutkan atau yang dibutuhkan sebanyak 174 orang.

Dari 174 dibagi untuk setiap kecamatan 6 orang.

“Dari 6 orang yang terpilih 3 diantara, yang 3 waiting list (daftar tunggu),”terang Mastur sapaan akrab Sulyantarudin.

Dijelaskan Sulyan Tarudin, untuk tes tertulis calon anggota panwascam berbeda dengan metode seperti sebelumnya ada passing grade. Lebih jelasnya belum tentu yang mengikuti tes tertulis akan mengikuti tes selanjutnya yakni tes wawancara. “Kalau saat ini peserta yang ikut tertulis berhak juga itu wawancara,”paparnya.

Sedangkan untuk calon yang masuk 3 besar, Sulyan memastikan akan dilantik pada akhir Desember 2019. Kemudian untuk waktu kerja dimulai pada Bulan Januari 2020. “Untuk masa kerja panwascam selama 11 bulan, Januari sampai November 2020,”tuturnya.

Salah satu peserta dari Kecamatan Jawilan, M Yunus mengaku dengan mengikuti tes calon anggota panwascam sebagai bentuk panggilan hati. Dirinya berkeingian menjadi bagian dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan. “Saya dulu menjabat sebagai PPS Dese Bojot, dan saat ini berharap terpilih sebagai anggota panwascam,”ujarnya.

Diketahui, pelaksanaan Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang periode 2020-2025 akan dilaksanakan pada 23 September 2020.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

364 Calon Panwascam Ikuti Tes Tertulis Online
aulmummc zf

INILAH SERANG

1552 dibaca
Tingkatkan Kualitas, Pemkab Serang Latih Perajin Anyaman Bambu

HUKUM & KRIMINAL

1293 dibaca
Selama Tiga Hari BC Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Sabu Seberat 50 Kg

POLITIK

3510 dibaca
Peneliti Nilai Vera ‘Bintang' di Pilkada Kota Serang
Top