Kamis, 23 Januari 2020

348 Pemandi Jenazah di Kabupaten Serang Terima Dana Insentif

[Foto InilahBanten.co.id/Arif Soleh]
Senin, 23 Sept 2019 | 16:08 WIB - Serang Mozaik Islami

lBC, Serang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan dana insentif kepada 348 pemandi jenazah yang tersebar di 29 kecamatan. Dana Insentif diberikan hanya satu kali dalam setahun.

"Untuk perorang sebesar Rp700 ribu hanya satu kali dalam setahun," ujar Ketua Baznas Kabupaten Serang, Wardi Muslich kepada wartawan disela-sela  Pendistribusian Insentif Pemandi Jenazah di Lapangan Tenis Indoor Setda Kabupaten Serang pada Senin, 23 September 2019.

Dijelaskan Wardi, untuk dana berasal dari hibah APBD Pemkab Serang Tahun 2019 dengan total sebesar Rp243. 600.000 dibagian untuk 348 orang. Jumlah tersebut menurun dibanding tahun 2018 lalu.

“Kalau tahun kemarin 2018 sebanyak 20 orang per kecamatan nominal yang sama, sekarang menurun karena anggarannya berkurang jadi hanya 12 orang perkecamatan. Ditambah untuk lima pemandi jenazah dari RSUD Serang dari Baznas sama nominalnya Rp700 ribu,”terang Wardi.  

Sebanyak 348 pemandi jenazah saat ini yang menerima dana insentif, berdasarkan data yang diperoleh dari setiap kecamatan dengan mengirimkan 12 orang. “Maka yang menerima yang sudah terdata dari kecamatan,”ujarnya.

Ditanya para pemandi jenazah dinominasi orangtua, sebut Wardi, karena kalau anak muda rata-rata tidak berani mungkin tidak bisa dan takut sehingga kebanyakan orangtua.

“Seharusnya memang harus ada regenerasi dibuka pelatihan tapi di wilayah masing-masing, MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga perlu menggelar pelatiah pemandi jenazah ini,”katanya.

Pemberian dana insentif, secara simbolis diserahkan oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah didampingi Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa. Tatu mengatakan, pemberian dana insentif sebagai bentuk untuk memotivasi mereka. “Karena kita lihat pemandi jenazah sepuh-sepuh nanti yang masih muda agar mau termotivasi, kalau yang mudanya tidak mau tidak ada penerus masa mandi sendiri jenazahanya,”ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020
Rabu, 22 Jan 2020 | 19:35 WIB
Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020

KOMENTAR

348 Pemandi Jenazah di Kabupaten Serang Terima Dana Insentif
x.ackd

PEMERINTAHAN

234 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
331 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

310 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
535 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

830 dibaca
Motor Hasil Curian Disimpan di Parkiran RS Sari Asih

PERISTIWA

254 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

213 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top