Selasa, 18 Januari 2022

21 Jamaah Umroh Asal Lampung Terlantar, Tertipu Kah?

Jamaah asal Lampung terlantar di Hotel Bengawan, Jalan Husen Sastra Negara, Kecamatan Benda, Kota Tangerang pada Jum'at, 3 Februari 2017. (Foto:InilahBanten/Ildhan Firmansyah)
Jumat, 03 Feb 2017 | 19:34 WIB - Tangerang

IB, Tangerang—Sebanyak 21 jamaah asal Lampung saat ini terlantar di Hotel Bengawan, Jalan Husen Sastra Negara, Kecamatan Benda, Kota Tangerang pada Jum'at, 3 Februari 2017. Sebab, hingga kini belum belum adnaya kepastian keberangkatannya dari pihak agen travel & tour Armindo.

Ibnu Ali salah satu anak jamaah mengatakan, ada 21 jamaah umrah asal Lampung merasa di bohongi oleh agen umrah tersebut. Soalnya, sudah lebih dari 8 hari 21 jemaah umrah tersebut terkatung-katung di Hotel Bengawan yang tidak jauh dari Bandara International Soekarno Hatta.

"Belum ada kejelasan dan kepastian dari pihak yang agen sampai saat ini, kejadian tersebut sudah sejak Kamis, 19 Januari 2017 sebanyak 49 jemaah tiba di hotel tersebut, keesokan harinya Jum'at, 20 Januari 2017 jamaah hanya diberangkatkan sebanyak 14 orang,"ujarnya kepada wartawan.

Ibnu menyebutkan, bahwa pihak travel beralasan untuk jamaah yang belum berangkat ke tanah suci dikarenakan visa dan tiket belum ada, jadi dari situ memang sudah mulai tidak jelas. Pada Senin, 30 Januari 2017 jamaah sebanyak 14 orang diberangkatkan dan sisanya sebanyak 21 orang jamaah belum ada kepastian hingga sampai saat ini.

"Ketika dikonfirmasi bahwa pihak agen travel untuk visa sudah ada semua 100, tetapi tiketnya yang belum ada, itu saat dibahas oleh direktur travel & Tour yang pada hari senin melakukan mediasi dengan 21 orang jamaah umrah, dari mediasi tersebut para jamaah dimintai kembali beralasan untuk sumbangan dana kepada jamaah dan pihak tersebut berjanji akan berangkatkan seluruhnya jamaah umroh yang diterlantarkan dan dana tersebut akan digunakan untuk booking tiket,"terangnya.

Saat dana terkumpul dari keterangan Ibnu, bahwa uang dari beberapa jamaah umrah terkumpulah uang sumbangan sebesar Rp20.000.000, dan Surat perjanjian ditandatangani oleh pihak  travel dan beberapa jamaah.

"Saya sebagai keluarga salah satu jamaah umrah (Ibu Ratna) merasa ada yang salah dengan travel ini, dan kemungkinan ada indikasi penipuan karena hingga kini Jum'at, 3 Februari 2017, sebanyak 21 jamaah umrah terkatung-katung di hotel tersebut. Saya berharap media dapat membantu para jemaah untuk mem blow up ini ke media elektronik, digital maupun koran dengan harap ada tindak lanjut dari pihak terkait,"ucap Ibnu.

Sedangkan dari Pembimbing Jamaah Umroh asal Lampung Ros menambahkan, bahwa dari pihak treval sudah menjanjikan untuk pemberangkatan 21 jamaah umrah akan di berangkatkan pada tanggal 4 Fabruari 2017.

"Iya kita memang mengharapkan untuk diberangkatkan tapi kita masih menunggu penjelasan keputusan dari pihak travel, jika kita balik lagi ke Lampung kan tidak mungkin, tapi tadi pas kita konfirmasi memang pihak travel sudah memproses tiket untuk pemberangkatan 21 jamaah termasuk saya,"ungkapnya.

Reporter: Ildhan Firmansyah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

21 Jamaah Umroh Asal Lampung Terlantar, Tertipu Kah?

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

29 dibaca
Bupati Beri Semangat, Vaksinasi Anak di Kabupaten Serang Dimulai
36 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
85 dibaca
Tekan Harga, Diskopumindag Kabupaten Serang Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

HUKUM & KRIMINAL

36 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
121 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pelaku Pembuang Bayi di Pontang
326 dibaca
Penemuan Bayi di Areal Sawah Gegerkan Warga Pontang

POLITIK

330 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp107 Miliar
1051 dibaca
Pendukung Anies Dideklarasikan di Banten
1304 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

PENDIDIKAN

308 dibaca
Ratusan Kepala Sekolah di Pandeglang Dilantik
195 dibaca
Pemkab Serang Berikan Bantuan Sepatu untuk Siswa SDN Ujungtebu 3
Top