Rabu, 21 Oktober 2020

12 Proyek Nasional, Andika Tak Ingin Warga Banten Jadi Penonton

H. Andika Hazrumy saat berbincang dengan petani di areal sawah di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang pada Kamis, 17 November 2016. (Foto: InilahBanten)
Minggu, 29 Jan 2017 | 08:21 WIB - Banten Politik

IB, Serang—Calon Wakil Gubernur Banten nomor urut satu Andika Hazrumy mengaku prihatin dengan maraknya tenaga kerja asing khususnya yang ada di Banten. Sebab meski banyaknya lapangan pekerjaan, namun warga pribumi Banten malah tersingkir karena tidak mempunyai keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Dia mengatakan, selama kurun waktu 16 tahun Provinsi Banten berdiri proses pembangunan terus dilakukan. Akan tetapi, saat ini lebih kepada membangun di Banten bukan membangun Banten. Artinya, perlu melibatkan masyarkat untuk berkontribusi dalam melakukan pembangunan Banten menjaid lebih baik.

“Jadi kan selama ini kalau saya melihat bagaimana pembangunan Banten yang berupa pembenganan fisik tanpa melibatkan dan tanpa mengakomodir masyarakat Banten. Jadi kami berdua ini tidak ingin masyarakat Banten ini menjadi penonton di daerahnya sendiri,” ujar Andika kepada wartawan di Kota Serang kemarin.

Cawagub yang mendampingi Cagub Banten Wahidin Halim ini mencontohkan, bahwa Presiden Joko Widodo sudah mencanangkan 12 mega proyek nasional di Provinsi Banten. 12 proyek nasional di bangun di Banten itu itupun, dimana Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Strategis Nasional. ke-12 proyek tersebut antara lain pembangunan Tol Serang-Panimbang, Tol Kunciran-Serpong, Tol Serang-Cinere, dan Tol Serpong-Balaraja. Kemudian, proyek kereta api ekspres Seokarno Hatta-Sudirman, Bandara Banten Selatan Panimbang, dan pengembangan Bandara Soetta.

Kemudian sambung dia, pembangunan terminal elpiji Banten kapasitas 1 juta ton per tahun, energi asal sampah kota-kota besar di Tangerang, Waduk Karian, KEK Tanjung Lesung, serta percepatan infrastruktur transportasi, listik, air bersih untuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSN) Tanjung Lesung.

“Nah ini saya harapkan bukan hanya membangun di Banten, tapi pembangunan kita sambut bersama-sama membangun Banten membanguna masyarakat Banten juga, agar bisa dapat berkontribusi bagi pembangunan di Banten, dan pembangunan itu bisa dirasakan masyarakat Banten,” kata politisi Partai Golkar ini.

Andika juga mencontohkan, melakukan pembangunan Banten juga salah satunya seperti apa pemerintah membuat istilah lapangan kerja, namun masyarakat tidak disiapkan untuk bisa bersaing memerebutkan lapangan kerja tersebut. Upaya itu harus betul dilakukan dengan membangun dari hulu sampai hilir. “Oke pembangunan fisik sangat positif, tapi kita juga harus mempersiapkan masyarakat menghadapi dayang saing itu,” ucapnya.

Reporter: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

12 Proyek Nasional, Andika Tak Ingin Warga Banten Jadi Penonton
dewan

PEMERINTAHAN

268 dibaca
PT HGP Serahkan Fasos Fasum Perumahan BCP ke Pemkab Serang
284 dibaca
Susun RKA 2021, Pemkab Serang Gunakan Aplikasi SIPD
xcddcvfsv cvn

POLITIK

44 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk
92 dibaca
Dzikir Bersama, Ratu Tatu Gelar Tasyakuran Golkar Bareng Ulama

HUKUM & KRIMINAL

487 dibaca
Jual Obat Keras Heximer Terancam Hukuman Penjara 15 Tahun

PERISTIWA

28 dibaca
Sepeda Motor Wartawan di Kota Serang Raib Dicuri Maling
Top