Jumat, 01 Maret 2024

1000 Taruna Akpol, Akmil, IPDN Akan Ikuti Latsitarda di Banten

(Foto:Qomat)
Senin, 15 Jan 2018 | 16:42 WIB - Serang Pendidikan

lBC, Serang – Perwira Pembantu Operasional Pendidikan Akademi TNI, Letkol Infantri Irwansyah memaparkan rencana akan dilakukannya Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda). Latsitarda akan di ikuti sekitar 1000 Taruna Akademi Polisi (Akpol), Akademi Militer (Akmil), Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke – 38 yang akan dibuka oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bertempat di Stadion Ciceri, Kota Serang pada 12 April 2018 mendatang.

Pemaparan Latsitarda disampaikan di depan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Alun-alun Kota Serang pada Senin, 15 Januari 2018. Hadir juga pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Serang Panjdi Tirtayasa, Sekrrtaris Daerah Agus Erwana dan Dandim 06/02 Serang Letkol Czi Harry Praptomo.

Letkol Infantri Irwansyah menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka pembekalan Akpol, Akmil, dan IPDN  sebelum  dilantik secara resmi. Sehingga dilakukan pengabdian kepada masyarakat  di Provinsi Banten yang terbagi di Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglang, dan Kota Cilegon.

“Sekitar 1000 Taruna akan mengikuti kegiatan ini selama satu bulan dan mengabdi ke daerah yang dituju seperti Akmil di Lebak, Angkatan Laut di Cilegon, Angkatan Udara di Kabupaten Serang  dan Akpol di Pandeglang yang akan di koordinasikan oleh masing-masing kepala daerah, kapolres, dan Dandim,” ungkapnya saat ditemui setelah acara.  

Irwansyah melanjutkan, pengabdian Taruna berupa kegiatan fisik dan non fisik seperti pembersihan jalan, perbaikan fasilitas umum, perbaikan MCK dan membantu Rutilahu di masing-masing daerah. Sehingga bisa membantu percepatan pembangunan di Daerah tersebut.

“Karena mereka adalah calon komandan maka di imbau agar bisa berbaur dengan masyarakat sekitar dan menyatukan perbedaan di masing-masing daerah. Kami juga akan melatih siswa setempat untuk bermain drum band dan yang terpilih akan tampil saat penutupan nanti bersama taruna,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik kehadiran Taruna yang akan melakukan Latsitarda di Kabupaten Serang. Pasalnya, kehadiran taruna di tengah masyarakat bisa membuka informasi yang ingin menjadi Taruna pada kesempatan berikutnya.

“Ini kesempatan emas, sehingga bisa mendorong pemuda sekitar agar bisa menggali informasi untuk menjadi Taruna. Seperti Syarat mengikuti IPDN, Akmil, Akpol  apa siapa tahu ada yang memenuhi,” katanya.

Tatu juga menjelaskan, taruna yang mendapatkan lokasi di Kabupaten Serang akan mengabdi di Cikeusal, Petir, Tunjung Teja, dan Pamarayan dengan  jumlah Taruna 161, 25 mahasiswa lokal, dan 35 pengasuh.  

“Dipilihnya empat kecamatan tersebut agar memudahkan kordinasi hanya dengan 1 polres saja. Kegiatan ini akan kami manfaatkan agar bisa membantu masyarakat disekitar,” ungkapnya.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

1000 Taruna Akpol, Akmil, IPDN Akan Ikuti Latsitarda di Banten

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1725 dibaca
KPU Kabupaten Serang Target Satu Relawan Demokrasi 1000 Pemilih
1026 dibaca
Razia Balap Liar, Polda Banten Amankan 10 Motor

HUKUM & KRIMINAL

1746 dibaca
Hati-hati, Kota Serang Rawan Kejahatan Jambret
180 dibaca
Cabuli Gadis 13 Tahun, 2 Remaja Diamankan Polisi

POLITIK

2103 dibaca
Bantu Amankan Pilkada Serentak, 300 Personil Brimob Banten Dikerahkan
1199 dibaca
Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

PENDIDIKAN

1345 dibaca
DPK Banten Ajak Siswa SMK Kota Tangerang Budayakan Membaca
1208 dibaca
Sekolah PAUD Disegel, Bupati Serang Turun Tangan
Top