Rabu, 18 Oktober 2017

Tanto Sebut Camat Belum Lakukan Fungsi Kontrol ke Desa

Wabup Pandeglang Tanto Warsono Arban saat melakukan sidak pembangunan paping blok di desa Kurung Dahu, Kecamatan Cadasari.(Foto:lnilahBanten/Saepullah)
Selasa, 10 Okt 2017 | 20:41 WIB - Pandeglang Pemerintahan

IBC, Pandeglang - Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, pihak kecamatan belum melakukan fungsi pengawasan dengan baik kepada pemerintahan desa. Sebagai kecamatan masih ogah turun kelapangan, hal tersebut berdasarkan temuan Tanto di lapangan.

"Berdasarkan temuan di bawah banyak camat yang belum melaksanakan fungsi controling-nya," kata Tanto kepada wartawan pada Senin, 9 Oktober 2017.

Meski demikian, Tanto tak menampik, sebagian para camat telah menjalankan fungsi kontrolnya dengan baik. Menurutnya, fungsi kontrol yang dilakukan pihak kecamatan sangat penting karena masih ditemukan sejumlah desa belum paham sistem pelaporan dan pemanfaatan anggaran yang kucurkan ke desa.

"Kami meyakini para Kades belum sepenuhnya memahami pelaporan, sistem dan pemanfaatannya seperti apa. Ditambah lagi dengan adanya Perbup terkait dengan fungsi pelaksanaanya di arahkan, itukan sebagian bentuk pengawasannya,"jelasnya.

Desakan kepada para camat untuk melakukan fungsi pengawasan,  Tanto kerap melakukan menyampaikan disetiap forum Rapat Koordinasi (Rakor) camat.

"Kami sudah tegur dalam rakor camat. Ini perhatian khusus karena anggaran DD (Dana Desa)  ini besar sekali. Sementara pemahamannya belum memahami dan kami dampingi terus,"tuturnya.

Tanto mengatakan, DD yang dikucurkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi harus diawasi secara serius oleh semua pihak.

"DD ini menjadi catatan khusus Pak Joko Widodo, maupun menteri desa, bahwa pengawasan DD dalam hal ini didalamnya itu wajib dilaksanakan pemerintah daerah, khususnya Kecamatan,"tandasnya.

Reporter: Saepullah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tanto Sebut Camat Belum Lakukan Fungsi Kontrol ke Desa

POLITIK

Rabu, 18 Okt 2017 | 19:08 WIB
Bacalon Kades Nanggung di Kumpulkan, Panitia Sosialisasikan Tahapan
Rabu, 18 Okt 2017 | 13:50 WIB
Pilih Agenda Partai, Puluhan Anggota DPRD Pandeglang Mangkir Dirapat Paripurna
Selasa, 17 Okt 2017 | 21:17 WIB
KPU Segera Umumkan Sipol ke Publik

HUKUM & KRIMINAL

Rabu, 18 Okt 2017 | 22:25 WIB
Bupati Serang Terus Dukung Renaksi KPK
Rabu, 18 Okt 2017 | 12:54 WIB
Palsukan SIM, Dua Warga Lebak di Tangkap Polisi
Selasa, 17 Okt 2017 | 19:59 WIB
Kapolres Serang Minta Anggota Hati-hati Gunakan Senpi

PENDIDIKAN

Rabu, 18 Okt 2017 | 19:30 WIB
Lelang Jabatan Kepsek SD dan SMP di Pandeglang Disoal
Rabu, 18 Okt 2017 | 18:00 WIB
Andika Ingin SMK Membaca Peluang Bisnis e-Commerce
Selasa, 17 Okt 2017 | 10:36 WIB
Pemuda Pulosari Jadikan Pos Ronda untuk TBM Saung Cerdas
Top