Minggu, 17 Desember 2017

Tanto Sebut Camat Belum Lakukan Fungsi Kontrol ke Desa

Wabup Pandeglang Tanto Warsono Arban saat melakukan sidak pembangunan paping blok di desa Kurung Dahu, Kecamatan Cadasari.(Foto:lnilahBanten/Saepullah)
Selasa, 10 Okt 2017 | 20:41 WIB - Pandeglang Pemerintahan

IBC, Pandeglang - Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, pihak kecamatan belum melakukan fungsi pengawasan dengan baik kepada pemerintahan desa. Sebagai kecamatan masih ogah turun kelapangan, hal tersebut berdasarkan temuan Tanto di lapangan.

"Berdasarkan temuan di bawah banyak camat yang belum melaksanakan fungsi controling-nya," kata Tanto kepada wartawan pada Senin, 9 Oktober 2017.

Meski demikian, Tanto tak menampik, sebagian para camat telah menjalankan fungsi kontrolnya dengan baik. Menurutnya, fungsi kontrol yang dilakukan pihak kecamatan sangat penting karena masih ditemukan sejumlah desa belum paham sistem pelaporan dan pemanfaatan anggaran yang kucurkan ke desa.

"Kami meyakini para Kades belum sepenuhnya memahami pelaporan, sistem dan pemanfaatannya seperti apa. Ditambah lagi dengan adanya Perbup terkait dengan fungsi pelaksanaanya di arahkan, itukan sebagian bentuk pengawasannya,"jelasnya.

Desakan kepada para camat untuk melakukan fungsi pengawasan,  Tanto kerap melakukan menyampaikan disetiap forum Rapat Koordinasi (Rakor) camat.

"Kami sudah tegur dalam rakor camat. Ini perhatian khusus karena anggaran DD (Dana Desa)  ini besar sekali. Sementara pemahamannya belum memahami dan kami dampingi terus,"tuturnya.

Tanto mengatakan, DD yang dikucurkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi harus diawasi secara serius oleh semua pihak.

"DD ini menjadi catatan khusus Pak Joko Widodo, maupun menteri desa, bahwa pengawasan DD dalam hal ini didalamnya itu wajib dilaksanakan pemerintah daerah, khususnya Kecamatan,"tandasnya.

Reporter: Saepullah
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Tanto Sebut Camat Belum Lakukan Fungsi Kontrol ke Desa

BERITA TERKAIT

POLITIK

241 dibaca
Panwas Lebak Minta KPU Lakukan Penghitungan Ulang
213 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, KPU Minta Ulama Berperan Aktif
260 dibaca
Kader Hanura Tangerang : Kami yang Mundur, atau Supajri yang Diberhentikan

HUKUM & KRIMINAL

134 dibaca
Polres Lebak Amankan Ratusan Botol Miras dan Dua Pasangan Non Muhrim
169 dibaca
Kejari Usut Dugaan Pungli Prona, Irna : Pelaku Harus Dipecat
375 dibaca
Cinta Ditolak, Warga Desa Sukamenak Tega Bunuh Gadis Idamannya

PENDIDIKAN

195 dibaca
Bentuk Karakter, Ratusan Siswa SMKN 2 Rangkasbitung Ikuti Jambore
177 dibaca
Sempat Tertunda, Pelajar NU Tuding Pelaksanan UAS SD Berbau KKN
238 dibaca
Tahun 2018 SMA/SMK Gratis, Pemprov Alokasikan Dana Rp400 M
Top