Rabu, 18 Oktober 2017

Harapan Baru Masyarakat Kota Serang

(foto ilustrasi)
Rabu, 11 Okt 2017 | 20:39 WIB - Opini

Oleh: Heru

Atmosfir Pilkada Kota Serang sudah mulai dirasakan oleh sebagian besar masyarakat. Bakal Calon (Balon) Walikota Serang pun sudah mulai bermunculan. Sebagian nama-nama yang muncul itu sudah dikenal luas di masyarakat. Bahkan estafeta kepemimpinan keluarga juga kemungkinan terjadi dalam pertarungan lima tahunan ini. Peta perpolitikan by desain ini seakan sudah menjadi corak tersendiri di Banten.

Dalam iklim demokrasi dan kebebasan pers saat ini, masyarakat mempunyai kebebasan dalam berpendapat. Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA) Kota Serang beberapa waktu yang lalu merilis hasil survey yang dilakukannya pada awal tahun 2017. Dalam hasil survey dengan koresponden masyarakat Kota Serang, Kota Serang mendapat rapot merah dalam beberapa hal diantaranya pengelolaan sampah, drainase, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan beberapa keluhan lainnya.

Tahun ini anggaran Pilkada Kota Serang mencapai 39 milliar lebih. Angka yang tidak bisa dikatakan kecil untuk sebuah proses memilih seorang Walikota di usianya yang belum genap 10 tahun.  Besarnya anggaran Pilkada di Kota Serang ini sepatutnya berbanding lurus dengan harapan masyarakat Kota Serang untuk bisa memiliki seorang pemimpin yang dapat menghadirkan segala apa yang diharapkan oleh masyarakat kota serang secara keseluruhan.

Banyak nama yang dimunculkan oleh Partai Politik (Parpol) dalam menghadapi Pilkada Kota Serang 2018. Oleh karena itu, masyarakat harus benar-benar selektif dan hati-hati dalam menentukan pilihannya, pastikan rekam jejak calon Walikota yang akan dipilih menjadi penilaian utama selain Parpol pengusungnya. Jangan sampai salah pilih. Karena hanya di tangan seorang pemimpin yang amanah Kota Serang akan mengalami kemajuan, tidak jalan di tempat seperti saat ini.

Ekspektasi yang tinggi, serta besarnya harapan masyarakat Kota Serang terhadap para calon pemimpinnya menjadi tantangan sendiri bagi Bakal Calon Walikota Kota Serang kedepan.  Visi – misi dan program kerja Pemerintah Kota Serang menjadi penentu apakah mereka layak untuk dipilih atau tidak. Selain itu juga tantangan lain bagi para Bakal Calon Walikota Serang yang diusung dari Parpol harus bisa melepaskan diri dari stigma negatif yang berkembang di masyarakat terkait praktik korupsi.

Stigma itu kini sudah melekat di masyarakat. Maka wajar jika kemudian masyarakat antipasti terhadap beberapa Parpol yang dinilainya sudah melakukan praktik korupsi. Meskipun bila melihat dari kontek keadilan, stigma tersebut tidak bisa dibenarkan. Maka wajar jika kemudian masyarakat Kota Serang mencari alternatif dalam memilih calon pemimpinnya selain dari Parpol yang dianggap mampu dan tidak ada interpensi kepentingan dari Parpol.  Kejenuhan masyarakat terhadap kondisi yang belaku selama ini memberikan kesempatan tokoh–tokoh lain yang memiliki Integritas tinggi terhadap kota Serang akan maju mencalonkan dirinya menjadi Walikota serang melalui Jalur Perseorangan (independen) .

Tidak jadi persoalan apakah calon dari jalur Parpol atau perseorangan  yang akhirnya dipercaya oleh masyarakat Kota Serang untuk menjadi pemimpinnya, yang terpenting  adalah bagaimana saat ini masyarakat harus lebih kritis dan selektif lagi sebelum menentukan pilihan jika ingin segala apa yang dikeluhkan selama ini  bisa terselesaikan.

Biaya yang besar di dalam proses Pilkada ini menjadi suatu hal yang mubazir jika pada akhirnya masyarakat Kota Serang akan mengalami persoalan–persoalan yang juga tidak mampu diselesaikan oleh pemimpin berikutnya.  Kedepan Masyarakat Kota serang mengharapkan bisa memiliki pemimpin yang berani di dalam menentaskan praktik – praktik buruk di dalam pengelolaan pemerintahan,  dan juga bisa amanah menjalankan kepercayaan yang telah diberikan kepada dirinya guna mewujudkan kehidupan yang baik dan juga mampu menyelesaikan segala persoalan yang muncul di Kota serang khususnya persoalan- persoalan  Pelayanan public.

Semoga Allah SWT memberikan ridhanya di dalam proses Pilkada Kota Serang ini, sehingga Allah SWT menghadirkan pemimpin yang bisa membawa masyarakat kota serang kedalam kehidupan yang lebih baik lagi di kemudian hari. Selamat memilih pemimpin baru, pemimpin pembawa perubahan, pemimpin yan dicintai rakyat, pemimpin yang di ridhai oleh Allah SWT. Aamiin. Wasalam

Penulis adalah pegiat literasi di Banten

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Negeri Miskin Apresiasi
Minggu, 08 Okt 2017 | 17:17 WIB
Negeri Miskin Apresiasi
Pilkada Kota Serang Bukan Hantu
Kamis, 05 Okt 2017 | 20:29 WIB
Pilkada Kota Serang Bukan Hantu
Calon Independen Bukan Sebuah Pelarian Politik
Kamis, 05 Okt 2017 | 19:55 WIB
Calon Independen Bukan Sebuah Pelarian Politik

KOMENTAR

Harapan Baru Masyarakat Kota Serang

BERITA TERKAIT

POLITIK

Rabu, 18 Okt 2017 | 19:08 WIB
Bacalon Kades Nanggung di Kumpulkan, Panitia Sosialisasikan Tahapan
Rabu, 18 Okt 2017 | 13:50 WIB
Pilih Agenda Partai, Puluhan Anggota DPRD Pandeglang Mangkir Dirapat Paripurna
Selasa, 17 Okt 2017 | 21:17 WIB
KPU Segera Umumkan Sipol ke Publik

HUKUM & KRIMINAL

Rabu, 18 Okt 2017 | 22:25 WIB
Bupati Serang Terus Dukung Renaksi KPK
Rabu, 18 Okt 2017 | 12:54 WIB
Palsukan SIM, Dua Warga Lebak di Tangkap Polisi
Selasa, 17 Okt 2017 | 19:59 WIB
Kapolres Serang Minta Anggota Hati-hati Gunakan Senpi

PENDIDIKAN

Rabu, 18 Okt 2017 | 19:30 WIB
Lelang Jabatan Kepsek SD dan SMP di Pandeglang Disoal
Rabu, 18 Okt 2017 | 18:00 WIB
Andika Ingin SMK Membaca Peluang Bisnis e-Commerce
Selasa, 17 Okt 2017 | 10:36 WIB
Pemuda Pulosari Jadikan Pos Ronda untuk TBM Saung Cerdas
Top